Kanwil Bea Cukai Jateng & DIY Adakan Workshop Penyidikan

Semarang- Pada hari Rabu tanggal 15 November 2017 Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY mengadakan kegiatan Workshop Penyidikan. Workshop yang dimotori oleh Bidang Penindakan dan Penyidikan pada Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY tersebut mengusung tema “Strategi Penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan Tindak Pidana Asal di Bidang Kepabeanan dan Cukai dalam Pengungkapan Pelaku dan Hasil Tindak Pidananya”.

acara yang berlangsung di ruang rapat kepala kantor tersebut dihadiri oleh pejabat dan pegawai seksi penindakan dan penyidikan seluruh KPPBC di lingkungan Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY. turut diundang juga 2 (dua) narasumber yaitu bapak Heru Chaerudin, SH. yang menjabat sebagai Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dan bapak DR. Eddy Parulian Siregar, SH., MH. yang menjabat sebagai Hakim Utama Muda Pengadilan Negeri/ Niaga/ Hub. Industrial/ Tipikor Semarang.

workshop dimulai dengan menyanyikan mars Bea dan Cukai kemudian dilanjutkan sambutan oleh bapak Parjiya selaku Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan DIY sekaligus membuka Workshop tersebut. setelah pembukaan, narasumkber secara berurutan mengambil alih jalannya acara. tiap-tiap narasumber memaparkan materi sesuai dengan tema diskusi yang berlangsung pada saat itu. pada sedi diskusi yang dimoderatori oleh bapak Anggiat selaku Kepala Seksi Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan I terjadi tanya jawab yang menarik antara peserta dengan narasumber selama acara berlangsung. hasil yang didapat dari tiap-tiap narasumber adalah sebagai berikut:

Pembahasan tentang Strategi Pengungkapan Pelaku dalam Penyidikan TPPU dengan Tindak Pidana di Bidang Kepabeanan maupun Cukai sebagai Tindak Pidana Asal. Yang menjadi fokus masalah yaitu terkait dengan taktik dan teknis pengungkapan pelaku dan penetapan tersangka dalam penyidikan.

kemudian pembahasan tentang Peranan Barang Bukti dalam Penyidikan TPPU dengan Tindak Pidana di Bidang Kepabeanan maupun Cukai sebagai Tundak Pidana Asal. Yang menjadi fokus masalah yaitu pentingnya barang bukti dalam persidangan.

terakhir pada saat pembahasan tentang Penerapan ketentuan Surat Bukti Penindakan dalam pelaksanaan tugas di Kantor Pos Lalu Bea. Yang menjadi fokus masalah yaitu Perbedaan mengenai penyelesaian penanganan barang kiriman pos.

Pada akhirnya acara ditutup oleh bapak Gatot selaku Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri oleh seluruh peserta yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *