Pengawasan

Dalam 2 Minggu, Bea Cukai Melakukan Berbagai Penindakan di Jawa Tengah

Semarang – Sepanjang dua minggu pertama bulan Februari 2018, Bea Cukai Jawa Tengah dan Yogyakarta telah lakukan penindakan terhadap rokok dan minuman keras ilegal. Dalam berbagai aksi penindakan, petugas berhasil mengamankan jutaan batang rokok, tembakau iris, minuman keras, dan barang jadi dari kawasan berikat.

Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, Parjiya memberikan pernyataan terkait kronologi beberapa penindakan yang telah dilakukan pada hari Kamis (15/02). “Penindakan pertama dilaksanakan oleh Bea Cukai Jawa Tengah dan Yogyakarta pada tanggal 2 Februari 2018 terhadap sebuah minibus yang kedapatan mengangkut 140.000 batang rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai,” ungkapnya.

Penindakan selanjutnya dilakukan oleh Bea Cukai Kudus pada 02 Februari 2018. Dari penindakan ini berhasil diamankan 24 karung tembakau iris. Masih di hari yang sama, Bea Cukai Semarang berhasil meringkus sebuah truk yang mengangkut 736.000 batang yang dilekati pita cukai bekas. Tidak ketinggalan, Bea Cukai Yogyakarta juga berhasil melakukan penindakan 50 karton minuman keras yang tidak dilengkapi dokumen cukai.

Penindakan selanjutnya dilaksanakan oleh Bea Cukai Kudus, pada tanggal 4 Februari 2018 yang kembali berhasil menindak sebuah minibus yang mengangkut 120.000 batang rokok jenis rokok tanpa dilekati pita cukai yang terdiri dari berbagai merk. “Berselang satu hari, pada 5 Februari 2018 Bea Cukai Yogyakarta kembali melakukan penindakan sebuah mobil ekspedisi yang kedapatan membawa 40 karton minuman keras ilegal,” ujar Parjiya.

Rangkaian penindakan masih terus berlanjut. Parjiya mengungkapkan bahwa pada 10 Februari 2018 petugas Bea Cukai menemukan pelanggaran pada Kawasan Berikat di mana terdapat barang jadi sebanyak 130 koli tanpa dilindungi dokumen kepabeanan. “Dari penindakan ini kami sudah amankan seorang tersangka dari perusahaan tersebut dan akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum,” tegas Parjiya.

Pada 12 Februari, Bea Cukai Kudus kembali melakukan penindakan terhadap sebuah minibus yang kedapatan membawa 656.000 batang rokok ilegal dengan pita cukai palsu. “Semua penindakan yang kami lakukan ini dalam rangka melindungi masyarakat dari peredaran rokok ilegal yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Sekaligus merupakan bagian dari komitmen Bea Cukai untuk menjadi institusi kepabeanan dan cukai yang kredibel dan menjadi katalisator kegiatan ekonomi Indonesia yang bersih dan sehat,” pungkasnya.

Comment here