KAKANWIL BEA CUKAI JATENG DIY BERIKAN WEJANGAN KEPADA PARA CALON ABDI NEGARA

Yogyakarta (27/04/2018) – Balai Diklat Keuangan Yogyakarta melaksanakan pelatihan dasar Calon PNS Golongan II Periode III, Jumat 27 April 2018. Acara yang diselenggarakan di University Hotel Yogyakarta tersebut turut mengundang Kepala Kantor Bea Cukai Jateng DIY, Parjiya sebagai narasumber.

Sebagai narasumber, Parjiya membawakan materi dengan tema Studi Lapangan Keududukan dan Peran PNS dalam NKRI. Dalam penyampaiannya, Parjiya menyebutkan bahwa kedudukan PNS dalam NKRI mencakup 3 topik, yakni pertama mengenai manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), kemudian yang kedua tentang Manajemen Publik, dan yang yang ketiga ialah berkaita dengan “Whole of Government”.

Selain itu, Parjiya juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan peran PNS tersebut harus diiringi dengan sinergi baik di dalam organisasi maupun antar instansi, salah satu contohnya sinergi Bea Cukai dengan Pajak.

Diluar 3 topik yang telah disampaikannya, Parjiya menambahkan bahwa kedudukan PNS dalam NKRI juga mencakup aspek Manajemen talenta, Reformasi Birokrasi Kementerian Keuangan, serta Pelayanan Publik. Untuk bisa menjalankan perannya di Kementerian Keuangan, PNS Kementerian Keuangan harus dapat memenuhi aspek-aspek tersebut.

“Sinergi,sinergi,dan sinergi. Inilah kunci bagi PNS untuk bisa menjalankan perannya di Kementerian Keuangan. Satu contoh yang dapat kita ambil ialah Joint Analyisis dan Joint Audit antara Bea Cukai dengan Pajak”, Ungkap Parjiya di hadapan 207 Calon PNS Kementerian Keuangan.

Pada kesempatan tersebut, turut ditampilkan juga demo pelacakan narkotika oleh unit K-9 milik Bea Cukai JAteng DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *