Beacukai Jateng DIY Terbitkan Perijinan Fasilitas Pusat Logistik Berikat PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI) Dalam Waktu 1 Jam

Semarang (11/07/2018) – Dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 29/PMK.04/2018 mengenai Percepatan Perizinan Kepabeanan dan Cukai dalam Rangka Kemudahan Berusaha, Kanwil Beacukai Jateng DIY menjadi salah satu pihak yang memperoleh mandat untuk melaksanakan peraturan tersebut. Pada hari Rabu, 11 Juli 2018, bertempat di Ruang Media Center Beacukai Jateng DIY, diselenggarakan presentasi proses bisnis dari perusahaan PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI), yang merupakan syarat untuk menerbitkan perijinan fasilitas PLB (Pusat Logistik Berikat).

PT SAMI merupakan perusahaan kedua yang mengajukan fasilitas PLB setelah PT Agility International. Kegiatan presentasi dihadiri oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai selaku Plh. Kepala Kantor Wilayah Beacukai Jateng DIY – Juli Tri Kisworini, dan beberapa Pejabat lain yakni, Pengendali Teknis Audit – Machludi, Kepala Seksi Intelijen – Andrias Tulus Cahyono, Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas III – Windarto, sedangkan dari pihak perusahaan dihadiri oleh Direktur Perusahaan – Mansur Isnaini dan beserta timnya. Materi presentasi yang disampaikan mencakup proses bisnis perusahaan, aplikasi IT Inventory, dan aplikasi CCTV perusahaan. Yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, penandatangan berita acara presentasi dan ditutup dengan pemberian izin fasilitas yang diterbitkan kurang dari 1 jam setelah presentasi dilaksanakan.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai yang selaku Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah Beacukai Jateng DIY, menyampaikan bahwa “Beacukai menyambut baik atas pengajuan fasilitas Pusat Logistik Berikat ini, selain dapat memberikan manfaat yang banyak bagi perusahaan, dengan hadirnya PLB ini dapat menjadi pendorong kegiatan perdagangan dan industri nasional baik secara langsung maupun tidak langsung, memperkuat daya saing perusahaan dan meningkatkan investasi, dan sebagainya”.
selain itu, pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai juga memberikan edukasi tentang teknis-teknis yang berkaitan dengan bidang Kepabeanan dan Cukai kepada PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (PT. SAMI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *