Berikan Wawasan Kepabeanan, Bea Cukai Jateng DIY Hadiri Seminar Nasional HMPS Akuntansi UNISBANK Semarang

Semarang (3/11/2018) – Dalam rangka mengetahui perkembangan ekonomi serta mengenai perkembangan perpajakan dan impor ekspor, Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang menggelar Seminar Nasional bertemakan “Kondisi dan Strategi Menghadapi Persaingan Ekonomi Masa Kini”. Bertempat di Gedung Sasana Kridangga Lantai 9 Unisbank, kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber dari beberapa instansi yakni, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, KPP Pratama Kusumanegara dan PT APAC INTI, dan juga dihadiri oleh para mahasiswa dari berbagai kampus serta beberapa pejabat dilingkungan Unisbank Semarang.

Seminar dibuka dengan beberapa sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Dr. Euis Soliha, Ketua Panitia Seminar, Swa Zulfa Ainunnisa, dan Kaprogdi Akuntansi, Cahyani Nuswandari. Dalam sambutan seminar oleh Kaprogdi Akuntansi, Cahyani Nuswandari, beliau menyampaikan bahwa dengan diadakannya seminar nasional ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagaimana perkembangan ekonomi disektor perpajakan dan impor ekspor dan strategi untuk menghadapi persaingan ekonomi masa kini kepada mahasiswa.

Kemudian seminar dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber, narasumber dari Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dihadiri oleh Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas I, Cahya Nugraha. Beliau memaparkan mengenai kondisi perekonomian pada sudut pandang Bea Cukai, mulai dari perubahan kurs rupiah dengan mata uang asing per periode, peran – peran Bea Cukai dalam membantu perekonomian negara, menjelaskan pengaruh impor ekspor terhadap rupiah, serta mengenalkan fasilitas – fasilitas yang diberikan Bea Cukai kepada para pengusaha.

Pemaparan materi disudahi dengan sesi tanya jawab oleh peserta seminar, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber lain. Dari KPP Pratama Kusumanegara diwakili oleh Bayu Nugroho. Beliau menyampaikan mengenai peran perpajakan dalam perekonomian, dan dilanjutkan pemaparan materi oleh PT APAC INTI, Rio Riyanto dengan materi sudut pandang impor ekspor bagi pengusaha. Dan selanjutnya kegiatan ditutup dengan foto bersama oleh narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *