Kurang dari 1 Jam, Kanwil Beacukai Jateng DIY Terbitkan Perijinan Fasilitas Kawasan Berikat Kepada PT Kendal Eco Furindo

Semarang (5/11/2018) – Penerbitan Perijinan Fasilitas Kawasan Berikat di Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, saat ini dapat dilakukan di Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan dapat diperoleh Surat Keputusan Perijinan dalam kurun waktu kurang dari 1 jam setelah seluruh administrasi lengkap dan benar serta setelah presentasi proses bisnis oleh perusahaan pemohon fasilitas dilaksanakan. Senin, 5 November 2018, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menyelenggarakan presentasi proses bisnis PT Kendal Eco Furindo.

Bertempat di Ruang Rapat Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, presentasi dilaksanakan dengan menghadirkan Direktur dari PT Kendal Eco Furindo bersama tim dan dipandu Tim dari Bea Cukai Jateng DIY. Kegiatan presentasi dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kanwil Jateng DIY, Parjiya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dengan adanya peraturan menteri keuangan nomor 29/PMK.04/2018, permohonan penerbitan perijinan fasilitas menjadi lebih cepat dan lebih mudah, karena pada sebelumnya untuk mengajukan permohonan fasilitas harus dilakukan di kantor pusat Bea Cukai dan proses penerbitan perijinan memakan waktu cukup lama. Selain itu, beliau pun berpesan kepada perusahaan penerima fasilitas untuk tidak menyalahgunakan fasilitas yang telah diberikan kedepannya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan profil perusahaan dan juga penekanan pada pentingnya IT Inventory dan CCTV oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini, yang dilanjutkan dengan pemaparan proses bisnis oleh Direktur PT Kendal Eco Furindo, Andrew Kurniawan. Dalam pemaparan proses bisnis perusahaan, disampaikan beberapa poin presentasi seperti profil perusahaan meliputi lokasi, jenis produksi, jumlah tenaga kerja dan hal terkait perusahaan lainnya, kemudian juga dipaparkan mengenai alasan pengajuan permohonan fasilitas kawasan berikat, penerapan IT Inventory perusahaan, dan integrasi CCTV perusahaan.

Setelah pemaparan proses bisnis selesai, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara pihak perusahaan dengan tim Bea Cukai Jateng DIY mengenai presentasi yang sudah disampaikan dan perihal kekurangan yang perlu disesuaikan kembali untuk dapat diterbitkan perijinan kawasan berikat, kegiatan pun ditutup dengan penerbitan Surat Perijinan Fasilitas Kawasan Berikat PT Kendal Eco Furindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *