Upacara Bon Voyage di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Seluruh Siswa Bea Cukai Lulus

Semarang (27/11/2018) – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggelar upacara Bon Voyage Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan Tingkat I dan Diklat Perwira Kapal Negara di Plaza PIP Semarang, Selasa (27/11/2018). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Direktur PIP Semarang, H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar. E.

Upacara berjalan tertib dan lancar. Dalam sambutannya, H. Irwan antara lain menyampaikan bahwa dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini menuntut kita semua, termasuk pada pelaut untuk semakin berkualitas dan professional agar mampu bersaing secara global. MEA tidak hanya tantangan berupa masuknya tenaga asing pelaut ke industri maritim Indonesia, tetapi juga sebaliknya peluang pelaut Indonesia juga semakin besar. Untuk itu kita harus terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme.

Prosesi upacara runut berjalan rapih. Bon Voyage lazimnya merupakan ucapan agar mendapat kebaikan dalam perjalanan. Upacara Bon Voyage sering dimaknai sebagai “Upacara Pelepasan”. Sebanyak 87 orang siswa dilepas dan dinyatakan telah menyelesaikan studi serta lulus dalam Program Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan Tingkat I dan Diklat Perwira Kapal Negara Tingkat III dalam upacara kali ini. Menariknya, 44 lulusan dari total 87 lulusan merupakan pegawai bea dan cukai yang berasal dari Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Tanjung Priok, PSO Batam, PSO Pantoloan dan PSO Tanjung Balai Karimun. Dari 44 lulusan terbagi menjadi 20 lulusan Diklat Perwira Dek Kapal Negara dan 24 lulusan Diklat Perwira Mesin Kapal Negara. Kurang lebih 4 bulan masa diklat berhasil mereka selesaikan.

Keikutsertaan pegawai bea dan cukai dalam Diklat Perwira Kapal Negara ini merupakan bentuk kerjasama dan sinergi antara kedua instansi yaitu PIP Semarang dan Direktorat Jenderal Bea  dan Cukai dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Hal ini dimaksudkan agar tenaga kapal negara bea cukai memiliki kompetensi yang sesuai dengan kurikulum yang ada. Para lulusan ini akan mendapatkan certificate of Competency (COC) atau Sertifikat Keahlian Pelaut ANT/ATT V. Dengan kompetensi yang memadahi dan sesuai standar yang ditetapkan, para lulusan diharapkan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan lebih baik lagi.

Rangkaian acara disusul dengan sesi penyerahan peserta Diklat Perwira Kapal Niaga kepada bea cukai. Genderang suara Rampak Bedug yang disusul dengan performance apik dari Drumband Gema Perwira Samodra berkesan gagah menutup seluruh rangkaian acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *