2 Hari, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Terbitkan 3 Perizinan

Semarang (14/12/2018) – Kanwil BeaCukai Jateng DIY sebagai unit pelayanan permohonan perizinan fasilitas TPB danKITE, telah menjalankan percepatan perizinan sesuai dengan Peraturan Menteri  Nomor 29/PMK.04/2018 tentang Percepatan Perizinan Kepabeanan dan Cukai Dalam Rangka Kemudahan Berusaha. Dalam kurun waktu 2 hari yakni hari Kamis tanggal 13 Desember 2018 dan Jumat, 14 Desember 2018, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY telah memperoleh total 3 permohonan perizinan, 1 permohonan perizinan fasilitas Gudang Berikat dari PT Industri Gula Nusantara (IGN) dan 2 permohonan perizinan fasilitas Kawasan Berikat dari PT Xin Hua Xin dan PT Bintang Abadi Persada.

Sesuai dengan peraturan percepatan perizinan, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY mewajibkan perusahaan datang untuk mempresentasikan proses bisnis perusahaannya. Bertempat di ruang rapat Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, perusahaan pemohon fasilitas mempresentasikan proses bisnis perusahaan yang meliputi profil perusahaan, kegiatan produksi, pendayagunaan IT Inventory, penggunaan CCTV, serta dampak ekonomi terhadap masyarakat.

PT IGN mengajukan permohonan fasilitas Gudang Berikat yang mana merupakan tempat Penimbunan Berikat untuk menimbun barang impor, dapat disertai 1 (satu) atau lebih kegiatan berupa pengemasan/pengemasan kembali, penyortiran, penggabungan (kitting), pengepakan, penyetelan, pemotongan, atas barang-barang tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk dikeluarkan kembali. Adapun manfaat yang diperoleh dengan adanya Gudang Berikat adalah Efisiensi waktu dengan tidak dilakukannya pemeriksaan fisik di TPS (pelabuhan), Pengajuan dokumen BC 2.3 dapat dilakukan sebelum kapal /pesawat tiba, Kelancaran bisnis dengan kepastian arus barang dan harga yang kompetitif, serta Membantu pemerintah menumbuhkan sektor perindustrian dengan memasok bahan baku dengan harga yang bersaing.

Sedangkan PT Xin Hua Xin dan PT Bintang Abadi Persada mengajukan permohonan Fasilitas Kawasan Berikat, Kawasan Berikat merupakan tempat Penimbunan Berikat untuk menimbun barang impor dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean guna diolah atau digabungkan yang hasilnya terutama untuk diekspor. Kawasan Berikat banyak diminati oleh perusahaan karena banyaknya manfaat yang diperoleh perusahaan seperti penangguhan Bea Masuk dan tidak dipungut PPN, PPnBM dan PPh Pasal 22.

Penerbitan perizinan fasilitas dilakukan setelah presentasi proses bisnis perusahaan dilakukan, dan diterbitkan dalam waktu kurang dari 1 jam sesuai dengan janji layanan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *