Capacity Building Kanwil DJBC Jateng DIY, Parjiya :”Kita Orang Hebat, Namun Kalau Tidak Bersatu Maka Akan Kiamat”

Magelang – Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah & DIY melaksanakan kegiatan Capacity Building selama 2 hari pada hari Sabtu 15 Desember 2018 dan Minggu 16 Desember 2018 yang dilaksanakan di kota Magelang. Kegiatan ini diikuti oleh 90 pegawai Kanwil DJBC Jateng DIY yang terdiri dari Kepala Kantor, Pejabat Es 3, Pejabat Es 4 dan Pelaksana. Kegiatan yang bertema Guyub, Rukun, Makaryo Bebarengan, Agawe Santosa tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, kekompakan serta mempererat kekeluargaan antar pegawai agar tercipta lingkungan yang aman tenteram dan sejahtera.


Sabtu pagi tepatnya pada pukul 06.00 seluruh pegawai bergerak dari Kota Semarang menuju Magelang dengan menggunakan Bus yang dipandu oleh Event Organizer (EO) Lembaga Psikologi Kartika. Perjalanan berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan sampai di Magelang pada pukul 09.00.
Acara langsung dimulai dengan pembukaan dari pihak EO dan sambutan dari Kakanwil DJBC Jateng DIY, Parjiya. “Acara ini dilaksanakan untuk mempererat kekeluargaan, dalam 2 hari ini lah kita lepas pangkat dan jabatan kita dan saat ini kita adalah keluarga besar Kanwil DJBC Jateng DIY, Kita ini orang hebat namun kalau tidak bersatu maka akan kiamat”, demikian Parjiya berpesan.


Setelah dibuka Acara dilanjutkan dengan Fun Games yang terdiri dari Yel-Yel, Pesan berganda, Api kehidupan dan Air Abadi. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih fokus dan meningkatkan kekompakan atar pegawai.
Setelah itu dilanjutkan dengan bersepeda mengelilingi tempat – tempat tertentu yang menggambarkan budaya Jawa seperti Candi Mendut, Centra Batik & Kerajian dan tempat sejenisnya untuk mengenalkan karya – karya dan budaya jawa serta melatih fisik dan koordinasi.


Hari pertama ditutup dengan acara Gala Dinner dan motivasi dari Den Baguse Ngarso. Den Baguse Ngarso adalah sosok fenomenal di serial ‘Mbangun Deso’ yang ditayangkan TVRI Jogja pertengahan tahun 90-an. Sosok Den Baguse Ngarso merupakan sosok antagonis nan lucu yang dalam setiap perkataan dan perannya mengandung makna motivasi dan wejangan dalam kehidupan. “Kesadaran pribadi : mensyukuri berkah Tuhan yang bermanfaat bagi banyak orang, selalu berusaha mengurangi kelemahan dan hidup dalam kebersamaan. Kumpulan orang yang seperti itu akan membuat organisasi mencapai 5B yakni Berakar, Bertunas, Berbunga, Berbuah dan Berkembang” begitulah salah satu pesan motivasi dari Den Baguse Ngarso.


Acara hari minggu diisi dengan kegiatan Rafting mengarungi Sungai Elo Magelang, kegiatan berlangsung selama 2 – 2,5 jam dan perjalanan sejauh 12 km. Kegiatan berlangsung seru dan meriah, selain bermain air, kerasnya jeram memberikan tantangan tersendiri bagi peserta dan pemandu perahu. Kekompakan dan keserasian sangat dibutuhkan dalam mengarungi derasnya jeram dan rintangan yang dihadapi.

Tak terasa, seluruh rangkaian kegiatan berakhir sudah. Meskipun lelah namun tersirat aura semangat dan kebahagiaan dari para pegawai. Semoga setelah acara ini, seluruh pejabat dan pegawai Kanwil DJBC Jateng DIY terliputi semangat baru dalam menyongsong Tahun 2019 dan dapat memberikan kinerja terbaiknya demi Institusi dan Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *