Pelantikan Pejabat Eselon V di Lingkungan Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY

Semarang – Menindaklanjuti Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor KEP-38/BC/UP.9/2018 tanggal 11 Desember 2018 tentang Mutasi Para Pejabat Eselon V di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, maka pada hari ini Rabu, 19 Desember 2018 bertempat di aula Kantor Wilayah DJBC Jateng dan DIY, telah diadakan upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat Eselon V. Sebanyak 34 pejabat dilantik langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Parjiya .

Parjiya dalam amanatnya berpesan agar pejabat yang dilantik senantiasa meningkatkan kinerjanya. DJBC menuntut kita tidak hanya tanggap namun juga cepat dalam menghadapi dinamika yang ada. Semoga Allah SWT melindungi kinerja kita semua.

Prosesi upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini selanjutnya disambung dengan briefing Kepala Kantor Wilayah bersama dengan para pejabat di lingkungan Kanwil, perwakilan KPPBC TMP Tanjung Emas, KPPBC TMP A Semarang, dan seluruh pejabat Eselon V yang baru saja dilantik.

Arahan yang disampaikan Parjiya kepada seluruh jajaran di bawahnya antara lain agar disamping cepat tanggap dengan dinamika internal juga harus bisa berpikir seperti apa bea cukai ke depan bahkan dalam tataran international. Kanwil Jateng DIY mempunyai karakteristik pelayanan dan pengawasan yang lengkap meliputi kegiatan ekspor impor melalui bandara, pelabuhan laut, kantor pos, dan TPB dan KITE. Pejabat Eselon V menjadi salah satu garda terdepan, harus mempunyai kemampuan managerial, kemampuan analisis, sehingga jika ada permasalahan dapat mengendalikan, sukur-sukur dapat mengantisipasi masalah sebelum terjadi.

Banyak sekali wejangan penuh manfaat lainnya yang dibekalkan Parjiya seperti intensifkan waskat oleh ansung, target penerimaan dan realisasi 2018, termasuk untuk target 2019. Target 2019 yang menantang membutuhkan effort luar biasa untuk mencapainya. Tegakkan integritas, utamakan pelayanan, kedepankan industrial assistance terutama bagi yang mengawasi Kawasan Berikat. Disampaikan juga mengenai adanya penerimaan pegawai baru sekitar 2000an orang. Pejabat Eselon V juga diharapkan dapat ikut membina mereka, agar selain memiliki kecerdasan intelektual, mereka juga meiliki kecerdasan moral. Itu sangat penting karena masa depan bea cukai pada saatnya nanti akan berada di pundak mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *