Hadapi Tantangan Kinerja 2019, Kanwil Jateng DIY Gelar PPKP

Semarang – Mengawali kegiatan pada tahun 2019, Kepala Kantor Wilayah DJBC Jateng dan DIY, Parjiya, menggelar forum koordinasi dan konsolidasi internal dengan seluruh pejabat dan pegawai Kanwil Jateng dan DIY. Acara yang dikemas dalam Program Pembinaan Ketrampilan Pegawai (PPKP) ini dilaksanakan di Aula Kanwil DJBC Jateng DIY pada hari ini Selasa 8 Januari 2019.

Sesuai dengan tema yang diusung, yaitu “Upaya Pencapaian Kinerja Tahun 2019” , Parjiya yang bertindak langsung sebagai nara sumber menyampaikan beberapa hal penting terkait evaluasi kinerja tahun 2018 dan upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam mencapai kinerja tahun 2019. Tak lupa Parjiya menyampaikan amanah ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi dari para pimpinan. Bahkan Presiden Joko Widodo juga menyampaikan apresiasi khusus yang disampaikan dalam rapat kabinet. Demikian juga Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Jenderal Heru Pambudi.

Seperti kita ketahui bersama realisasi penerimaan Bea Cukai secara nasional mencapai 105,9% dari target yang ditetapkan. Hampir seluruh Kantor Wilayah mencapai target yang ditetapkan. Target Kanwil Jateng dan DIY Tahun 2018 sebesar Rp38.61T dan berhasil terealisasi sebesar Rp39 T lebih atau sekitar 102% dari target.  Pencapaian tersebut tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor. Hal yang paling penting dan harus kita syukuri adalah adanya sinergi dan jiwa korsa yang tinggi dari seluruh pegawai dilingkungan DJBC. Tanpa sinergi dan Korsa, mustahil hampir seluruh Kanwil dapat mencapai target di atas 100%.

“Target tahun 2019 secara nasional akan ada kenaikan dari Bea Masuk, Cukai dan Bea Keluar dan kenaikannya secara proporsional. Satu hal yang menjadi beban yang perlu kita pikirkan bersama itu terkait dengan target cukai, karena secara nasional akan ada kenaikan sekitar Rp15 T tetapi disisi lain pimpinan kita sudah memastikan bahwa tidak akan ada kenaikan tarif cukai HT”, terang Parjiya saat menjelaskan tantangan yang akan dihadapi di tahun 2019.

Mengakhiri arahannya, Parjiya sekali lagi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi dari seluruh pimpinan kepada pejabat dan pegawai DJBC atas kinerja 2018 dan tetap berharap agar seluruh jajaran selalu berkinerja tinggi di tahun 2019. Ucapan terima kasih juga disampaikan secara khusus kepada Tim Audit atas temuan-temuan besarnya yang sempat menjadi permasalahan namun akhirnya dapat diselesaikan dengan baik. Juga kepada Bagian dan Bidang lain di Kanwil Jateng dan DIY atas dukungan dan kinerjanya. “Semoga Allah SWT selalu meridhoi kita semua”, demikian doanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *