Pembinaan Mental Pegawai Bea Cukai: Bukan Sekedar Bekerja Tapi Pengabdian Kepada Allah SWT

Semarang (9/1/2019) – Kegiatan pembinaan mental (Bintal) merupakan kegiatan rutin mingguan yang dilaksanakan Bea Cukai Kanwil Jateng dan DIY. Pada Minggu ke-2 di awal 2019 kali ini,  bintal dilaksanakan di Aula Kanwil dengan pemberi materi adalah Ustadz Yus Ibnu Yasin, dan diikuti oleh pejabat dan pegawai Kanwil Jateng dan DIY.

Telah kita ketahui bersama bahwa bintal menjadi salah satu kunci dalam upaya perbaikan integritas dan kinerja. Hal ini sebagaimana pernah disampaikan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, bahwa pembinaan mental sumber daya manusia pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menjadi kunci dalam perbaikan kinerja institusi.

Banyak materi bermanfaat yang disampaikan. Penulis buku “Agar Semesta Tersenyum Padamu (1001 Nasehat untuk Sahabat)” ini antara lain menyampaikan bahwa kita bekerja itu tidak sekedar bekerja, tapi merupakan pengabdian kepada Allah SWT, semuanya akan kita pertanggungjawabkan kepada-Nya. Perubahan dunia dalam segala aspek begitu cepat, bea cukai perlu penguatan organisasi, sebagaimana yang telah dan terus dilaksanakan oleh bea cukai saat ini. Ada 5 pilar dalam membangun, yaitu meliputi value, meaning, leader, vision, system. Organization do not transform, people do. Institusi DJBC tidak akan berubah jika pegawainya tidak berubah. Integritas menjadi inti dari semuanya. Integritas itu adalah harmoni / keselarasan antara pikiran, hati dan ucapan/perbuatan.”Dalam terminologi islam, integritas itu adalah ihsan, merasa selalu diawasi oleh Tuhan sehingga selalu berbuat yang baik. Integritas itu kebalikannya adalah nifak (munafik), dan orang yang munafik itu tempatnya di kerak neraka”, demikian ditegaskannya. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan bintal ini dapat meningkatkan integritas dan kinerja pegawai bea dan cukai, dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan negara, mempunyai nilai ibadah, sehingga mendatangkan kebahagian dan keberkahan bagi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *