Perkuat Sinergi, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kantor Bea Cukai Kudus

Kudus (11/1/2019) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Parjiya, bersama rombongan yang terdiri dari Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan Cukai, Juli Tri Kisworini, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Gatot Sugeng Wibowo, Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai, Muhammad Hakim Satria, serta staf melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bea Cukai Kudus. Bertempat di halaman kantor Bea Cukai Kudus, kunjungan kerja diawali dengan kegiatan Senam Pagi bersama, dalam senam tersebut, Parjiya menghimbau kepada seluruh pejabat dan pegawai kantor Bea Cukai Kudus untuk menggiatkan partisipasi kegiatan Senam Pagi rutin sebagai upaya menjaga kesehatan badan dan jiwa.

Kunjungan kerja dibuka dengan sambutan Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno, yang kemudian dilanjutkan dengan arahan Kepala Kanwil Bea Cukai jateng DIY, Parjiya menyampaikan ucapan terimakasih atas tercapainya target penerimaan tahun 2018, dan berpesan agar tidak bereuforia berlebihan karena tercapainya target penerimaan merupakan hasil kerjasama dan koordinasi oleh para pimpinan dilingkungan Bea Cukai. Target pada tahun 2019 ini akan semakin berat, karena target penerimaan meningkat tetapi tidak diiringi kenaikan tarif cukai. Namun meskipun begitu, Spirit memberantas rokok illegal di tahun 2019 akan terus ditingkatkan dengan berbagai upaya seperti Join Program dengan DJP maupun tindakan yang dapat memberi efek jera kepada para pengusaha rokok illegal.

Dilanjutkan dengan arahan dari Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Gatot Sugeng Wibowo, menyampaikan apresiasi atas jumlah penyidikan selama tahun 2018 sebanyak 21 kali. Tujuan pengawasan yang tidak hanya untuk penindakan semata, namun juga sebagai upaya pencegahan terhadap pelanggaran – pelanggaran sehingga tidak sampai terjadi masalah yang besar. Kedepannya, Bea Cukai akan mulai mendampingi pabrik – pabrik rokok dalam menangani masalah seperti misalnya penurunan produksi rokok.

Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini. Dalam arahannya Juli Tri Kisworini menjelaskan bahwa pada KPPBC TMC Kudus terdapat 13 Kawasan Berikat, 2 Gudang Berikat, dan & 7 Perusahaan dengan fasilitas KITE,  dan beliau juga berpesan agar Kantor Pelayanan tetap siaga dalam memeberikan asistensi kepada perusahaan – perusahaan penerima fasilitas di Kudus, selain itu himbauan juga disampaikan kepada kantor pelayanan agar lebih teliti dalam memproses atau melakukan pengecekan administrasi terkait pengajuan perizinan sebelum disampaikan kepada Kanwil maupun KPU, dan diharapkan juga untuk menyesuaikan dengan prosedur peraturan terbaru yakni PMK 29/PMK.04/2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *