Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Terapkan Manajemen Risiko Tahun 2019

Semarang – Dalam rangka penerapan Manajemen Risiko di lingkungan Kanwil DJBC Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta Tahun 2019, Kepala Kantor Wilayah, Parjiya beserta Kepala Bagian Umum, Kepala Bidang dan Kepala Seksi terkait melakukan rapat penyusunan Piagam dan Profil Manajemen Risiko pada hari ini Kamis, 31 Januari 2019. Rapat ini merupakan rapat yang pertama dari sebanyak 5 kali rapat dalam 1 tahun sebagaimana telah ditetapkan dalam agenda Manajemen Risiko Kantor Wilayah. Parjiya berpesan bahwa setelah rapat ini selesai secara internal dikomunikasikan dengan Kepala Seksi yang lain supaya bisa selalu focus on target, berfikir komprehensif dan hati – hati.

Manajemen Risiko (MR) adalah budaya, proses, dan struktur yang diarahkan untuk memberikan keyakinan yang memadai dalam pencapaian sasaran organisasi dengan mengelola Risiko pada tingkat yang dapat diterima. Kegiatan manajemen risiko dilaksanakan oleh Struktur Manajemen Risiko yang terdiri dari Komite Manajemen Risiko di Tingkat Kementerian, Eselon I, UPR, Unit Kepatuhan Manajemen Risiko, dan Inspektorat Jenderal. Tujuan dilaksanakannya manajemen risiko yaitu untuk menyusun formulir penanganan risiko pada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Berkaitan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Eselon II dalam hal ini IKU Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, diambil risiko yang bisa terjadi untuk dibuat mitigasi / tindakan preventifnya dan kinerja yang dianggap mendapat nilai risiko tinggi / diatas selera risiko harus di mitigasi triwulanan.

Sesuai agenda yang ditetapkan, pada rapat kali ini telah disusun Piagam dan Profil MR Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *