Tingkatkan Efisiensi dan Efektifitas Perjalanan Dinas, Bea Cukai Jateng dan DIY Selenggarakan PPKP

Semarang – Kamis (7/02/2019) Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (PPKP) yang bertempat di Aula Kanwil. PPKP bertema ”Pembayaran SPD” disampaikan oleh Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas I selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Cahya Nugraha. Tema tersebut disampaikan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan pejabat dan pegawai di Kanwil DJBC Jateng D.I. Yogyakarta terkait biaya perjalanan dinas.

Cahya menjelaskan ketentuan Perjalanan Dinas (Perjadin) sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor PER-22/PB/2013. Perjadin dibagi menjadi 2 (dua) yaitu perjadin jabatan dan perjadin pindah. Perbedaan definisi perjadin jabatan dan perjadin pindah yaitu perjadin jabatan merupakan perjadin untuk melaksanakan tugas dalam periode tertentu dan kembali ke tempat kedudukan semula, sedangkan perjadin pindah merupakan perjadin dari kedudukan kantor lama menuju kedudukan kantor baru berdasarkan surat keputusan pindah.

Perlu kita ketahui bersama, perjadin memiliki 4 (empat) prinsip yaitu selektif, ketersediaan dana, efisiensi belanja, dan akuntabilitas. Prinsip – prinsip tersebut diimplementasikan dengan beberapa hal yaitu kepastian tidak terjadi tumpang tindih, tidak dilakukan pemecahan surat tugas yang dilaksanakan sekaligus, perjadin untuk pelaksana SPD yang memberikan kontribusi nyata, bukan perjadin untuk kegiatan yang seharusnya dapat dilakukan di kantor, dan mengutamakan pencapaian kinerja dengan pagu anggaran yang telah tersedia. Implementasi prinsip perjadin dapat terlaksana dengan adanya integritas dalam diri, efisiensi dan efektifitas sehingga dapat tercapai kinerja instansi secara maksimal. Hal tersebut sejalan dengan pesan Kepala Kantor Wilayah, Parjiya bahwa pelaksaan perjadin harus mengedepankan efisiensi dan efektifitas serta standar norma dan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *