Menuju Perusahaan Kawasan Berikat Patuh, Kanwil Jateng DIY Berikan Asistensi IT Inventory Kepada PT Kendal Eco Furindo

Semarang – Dalam upaya menindaklanjuti pembekuan Kawasan Berikat yang dilakukan Kanwil Jateng DIY, PT Kendal Eco Furindo (KEF) memaparkan perbaikan IT Inventory pada hari Jumat tanggal 8 Februari 2019, bertempat di Ruang Rapat Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai. Pemaparan IT Inventory PT KEF dilakukan di hadapan Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini berserta tim dan Pengawas Mutu Audit (PMA), Ferry Indrajaya.

PT KEF merupakan perusahaan yang telah mendapatkan fasilitas sebagai Pengusaha Kawasan Berikat pada tanggal 05 November 2018 sebagaimana ditetapkan dengan Keputusan Menteri Keuangan nomor 162/WBC.10/2018. Fasilitas Kawasan Berikat PT KEF diberikan dengan persyaratan yaitu penyempurnaan IT Inventory, namun sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama, PT KEF belum dapat memenuhi persyaratan tersebut. Dengan demikian fasilitas Kawasan Berikat PT KEF dibekukan sementara.

Dalam rangka melaksanakan fungsi agen fasilitas, Kanwil Jateng dan DIY memberikan asistensi terhadap perbaikan IT Inventory yang telah dilakukan oleh PT KEF. PT KEF dapat membuktikan bahwa IT Inventory merupakan subsistem dari sistem informasi akuntansi perusahaan dan traceable untuk kepentingan pemeriksaan pemeriksaan oleh DJBC serta DJP. Penyempurnaan IT Inventory tersebut dilakukan sesuai ketentuan yang diatur dalam PER-19/BC/2018 dan PER-09/BC/2014. Pada akhir sesi, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai menyampaikan bahwa IT Inventory PT KEF telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan selanjutnya pembekuan fasilitas Kawasan Berikat akan dicabut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *