Bea Cukai Jateng DIY Tegah Kontainer Bermuatan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Pati – Berawal dari informasi yang didapat dari masyarakat, Bea Cukai Jateng DIY  melalui bidang Penindakan dan Penyidikan bekerjasama dengan tim Inteldak KPPBC Kudus kembali berhasil menggagalkan upaya peredaran rokok illegal. Tidak tanggung-tanggung, satu kontainer bermuatan jutaan rokok illegal berhasil diamankan.

Dari informasi yang telah didapatkan oleh Bea Cukai, diketahui bahwa rokok ilegal tersebut akan dikirimkan ke luar pulau jawa dengan menggunakan sarana pengangkut berupa truk kontainer melalui Surabaya. atas hasil analisis dan penelusuran oleh tim gabungan Bea Cukai Jateng DIY dengan Bea Cukai Kudus, truk kontainer berhasil ditegah oleh tim bea cukai di Jalan Lingkar Luar Pati-Sawah, Langenharjo, Pati pada Kamis (28/2/2019) dinihari pada pukul 01.00 WIB.

Setelah dilakukan penggeledahan, kedapatan sebanyak 3.080.000 batang rokok ilegal Jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) berada di dalam kontainer tersebut, serta berhasil diamankan 2 orang berinisial A (supir) dan AS (pemilik barang). Modus yang digunakan pelaku yakni rokok dilekati dengan pita cukai yang diduga palsu.

Atas hasil penindakan ini, nilai barang yang berhasil diamankan sebesar Rp. 2.202.200.000 dengan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan oleh bea cukai adalah sebesar Rp. 1.453.960.200.

Sebagai tindak lanjut, barang bukti berupa sarana pengangkut dan jutaan batang rokok ilegal dibawa ke Tempat Penimbunan Pabean, serta dilakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap A dan AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *