Tekan Terus Rokok Ilegal, Kini Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan Surakarta Amankan Potensi Kerugian Negara Rp1.7 Milyar

Sukoharjo – Kanwil Bea Cukai Jateng DIY melalui bidang Penindakan dan Penyidikan bekerjasama dengan Bea Cukai Surakarta berhasil menegah jutaan batang rokok ilegal dengan nilai potensi kerugian negara sebesar 1.7M Rupiah (Rp1.766.044.176) pada hari Rabu, 6 Maret 2019.

Bermula dari informasi yang diperoleh dari masyarakat, bahwa terdapat gudang yang dipergunakan untuk menimbun rokok ilegal di wilayah Kuyudan RT 02 RW 05 Kel Makamhaji, Kec. Kartosuro, Kab. Sukoharjo. Setelah dilakukan pengamatan oleh tim Gabungan Bea Cukai, dilanjutkan dengan pemeriksaan atas bangunan dan kendaraan di area tersebut. Didapati tumpukan rokok ilegal dengan berbagai merk sebanyak 132 koli didalam area bangunan dan 45 koli didalam kendaraan, dengan total 3.827.200 batang rokok senilai Rp. 2.697.136.000, serta berhasil mengamankan 4 orang pelaku, berinisial Ag (Pemilik bangunan), Ka, Al dan Yu (Supir Kendaraan).

Selanjutnya, barang bukti dan para pelaku dibawa menuju Kantor Bea Cukai Surakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih dalam, dan menetapkan pelaku berinisial Ag (Pemilik Bangunan) sebagai tersangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *