IT Inventory Telah Sesuai Ketentuan, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Terbitkan Perijinan KITE Pembebasan PT Konimex

Semarang – Direktur PT Konimex, Rachmadi Joesoef melakukan presentasi proses bisnis dalam rangka permohonan fasilitas KITE Pembebasan pada Jumat 22 Maret 2019. Presentasi yang bertempat di Ruang Rapat Kakanwil tersebut dilakukan oleh Rachmadi dihadapan Kepala Kanwil BC Jateng DIY yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai dan tim.

PT Konimex merupakan perusahaan yang telah didirikan sejak tahun 1967 di Surakarta. PT Konimex bergerak dalam 5 divisi usaha yaitu farmasi, candy, biscuit, natural product, dan extraction. PT Konimex mengajukan permohonan KITE Pembebasan dengan rencana ekspor berupa tobacco extract yang termasuk dalam divisi extraction dan natural product.

Setelah dilakukan pemaparan proses bisnis dan berdasarkan penilaian pejabat bea dan cukai, PT Konimex ditetapkan sebagai perusahaan penerima fasilitas KITE Pembebasan. Kepala Kanwil BC Jateng DIY menyerahkan surat keputusan penetapan sebagai KITE Pembebasan kepada Direktur PT Konimex sekaligus menutup kegiatan pemaparan proses bisnis PT Konimex. Surat Keputusan PT Konimex merupakan penerbitan ijin KITE Pembebasan yang ke-2 di tahun 2019, namun secara keseluruhan ini merupakan perijinan fasilitas TPB dan KITE yang ke-9 di tahun 2019.

Rachmadi menyampaikan PT Konimex memiliki sistem pengendalian meliputi sistem pengendalian organisasi berdasarkan akuntansi (ERP), sistem pengendalian operasi berdasarkan CPOB (EBR), dan sistem pengendalian konversi bahan – audit BNN. Dalam sistem pengendalian organisasi berdasarkan akuntansi (ERP) tersebut terdapat IT Inventory perusahaan yang digunakan sebagai laporan persediaan barang kepada Bea dan Cukai. Sistem ERP yang dimiliki oleh PT Konimex merupakan system yang dapat menghasilkan laporan keuangan perusahaan. Kondisi IT Inventory tersebut telah sesuai dengan PER-09/BC/2014 tentang Penerapan Sistem Informasi Persediaan Berbasis Komputer pada Perusahaan Pengguna Fasilitas Pembebasan, Pengembalian, dan Tempat Penimbunan Berikat, serta Kerahasiaan Data dan/atau Informasi oleh DJBC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *