Bintal Kanwil Bea Cukai Jateng DIY : Pentingnya Menjaga Aib, dan Berprasangka Baik terhadap Sesama

Semarang – Rabu, 27 Maret 2019, sudah menjadi kegiatan rutin bagi Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, kegiatan Bintal atau Pembinaan Mental diselenggarakan dan dihadiri segenap pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Pada Bintal kali ini, materi kembali disampaikan oleh Kasubbag Kepegawaian, Manif Istopo atau yang akrab dipanggil dengan Ustadz Manif.

Ustadz Manif, mengawali bintal dengan materi mengenai menutup aib diri sendiri dan aib orang lain. Sesungguhnya Allah SWT menutup aib manusia sehingga manusia mempunyai kehormatan dan harga diri di depan orang lain. Maka janganlah membuka aib yang telah ditutup Allah SWT dengan membicarakannya atau bahkan mengumbar rasa bangga atas aib kemaksiatan dan dosa tersebut. Namun, tidak sedikit diantara kita yang menjadikan ghibah atau menggunjing atas aib orang lain menjadi hal yang biasa dilakukan sehari – hari, yang sesungguhnya merupakan hal yang keji seperti diibaratkan memakan bangkai saudara sendiri.

 “Dan janganlah sebagian kalian mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati, pasti kalian membencinya. Maka bertaqwalah kalian kepada Allah, sungguh Allah Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih”
(Q.S Al Hujarat : 12)

Selain itu, Ustadz Manif juga menyampaikan pentingnya berprasangka baik dan menjauhi berprasangka buruk terhadap manusia maupun kepada Allah SWT. Karena dengan berprasangka buruk dapat membuka pintu keburukan lainnya yakni Tajassus atau mencari – cari kesalahan orang lain hingga mencari – cari kemungkinan kesalahan orang lain, seperti membesar – besarkan masalah sepele. Perilaku Tajassus yang terus menerus dilakukan dapat membuka keburukan lain yang lebih parah lagi, yakni Fitnah. Karena sesungguhnya Fitnah lebih kejam daripada Pembunuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *