PPKP : Meningkatkan Kewaspadaan Keamanan Informasi dengan Penerapan Human Firewall

Semarang – 28 Maret 2019, bertempat di Ruang Aula, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menggelar kegiatan PPKP (Program Pembinaan Keterampilan Pegawai) bertemakan “Human Firewall, Waspada Keamanan Informasi di Era Globalisasi” yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pegawai mengenai pentingnya keamanan informasi dengan cara menerapkan Human Firewall.

Materi PPKP kali ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penerimaan dan Pengolahan Data, Hino Himawan. Hino memulai materi dengan sejarah perkembangan system informasi bea cukai yakni CEISA dari awal dibangun tahun 1990 hingga sekarang, kemudian dilanjutkan dengan adanya penerapan program Join Domain oleh Kementeria Keuangan. Join Domain adalah integrasi secara terpusat seluruh perangkat IT dibawah Kementerian Keuangan dalam satu domain (wadah), manfaat Join Domain antara lain segi Produktifitas seperti Single Sign On dan Remote Assistance serta manfaat segi Keamanan Informasi. Hino juga menambahkan terkait Keamanan Informasi bertujuan untuk menjaga Kerahasiaan (Confidentiality) yakni menjaga dan menjamin kerahasiaan system computer dari pihak – pihak yang tidak berwenang, lalu tujuan Ketersediaan (Availability) yakni menjamin ketersediaan informasi bagi pengguna, selanjutnya tujuan Integritas (Integrity) yakni menjamin konsistensi data sesuai aslinya dan terakhir tujuan Pengguna yang Sah (Legitimate User) yaitu menjamin data hanya dipakai oleh yang sah.

Kemudian, Hino juga menambahkan materi terkait Human Firewall yakni suatu tindakan preventif terhadap serangan keamanan informasi, adapun tindakan – tindakan antara lain 1. Jangan Klik email atau link sembarangan atau tidak dikenal, 2. Membuat password yang kuat, dan 3. Selalu pastikan akun sudah Logoff saat selesai menggunakan perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *