Hampir 1 Milyar Rupiah Potensi Kerugian Negara Berhasil diselamatkan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Dalam Penindakan 2 Jutaan Batang Rokok Polos di Semarang

Semarang – Minggu, 7 April 2019 pukul 01.00 WIB dini hari, tim P2 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY berhasil mengamankan 2 Jutaan batang rokok ilegal siap edar dengan tujuan wilayah Lampung, pada sebuah kendaraan angkut Mitsubishi Colt Diesel di Jalan Tol Tanjungmas – Srondol KM.17, Sawah Besar, Gayamsari, Semarang.

Bermula dari informasi masyarakat bahwa akan ada pengiriman rokok illegal dengan tujuan lampung, tim P2 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pun segera menindaklanjuti informasi tersebut. Penelusuran dilakukan di wilayah Demak hingga ke arah Semarang, dan tepat di Jalan Tol Tanjungmas – Srondol KM.17, Sawah Besar, Gayamsari, Semarang, tim P2 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY berhasil menegah sebuah kendaraan angkut Mitsubishi Colt Diesel berwarna kuning berisikan rokok diduga ilegal.

Dalam pemeriksaan lebih lanjut pada sarana pengngkut tersebut, ditemukan sejumlah 2.080.000 batang rokok polos jenis SKM dengan berbagai merk dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp.1.487.200.000 dan dengan potensi kerugian negara sebesar Rp. 981.895.200. Selain barang hasil penindakan tersebut, juga diamankan 2 orang yang berada di sarana pengangkut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kedua orang tersebut berinisial KW sebagai supir dan berinisial H sebagai penumpang yang mengenal penerima barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *