Bea Cukai Jateng DIY Musnahkan 1.862 Bundel Arsip

Pati (11/4/2019) – Selaras dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 983/KM.1/2015 tentang Tata Cara Penyusutan Arsip di Lingkungan Kementerian Keuangan, Bea Cukai Jateng DIY menggelar Pemusnahan Arsip sebanyak 1.862 bundel yang merupakan arsip yang sudah tidak mempunyai nilai guna dan telah melampaui jangka waktu simpan inaktif menurut Jadwal Retensi Arsip. Pemusnahan Arsip bertempat di PT Sinar Indah Kertas, Jalan Raya Pati – Kudus Km.4 Pegandan, Margorejo, Pati.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Umum Skretariat DJBC, Wahjudi Adrijanto, menyampaikan bahwa kegiatan pemusnahan dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan pembakaran, pencacahan, menggunakan bahan kimia, dijual kepihak ketiga, maupun cara lain yang dapat memusnahkan secara total sehingga tidak dapat dikenali bentuk fisiknya. “Pada pemusnahan arsip kali ini dilakukan dengan cara dijual kepada pihak ketiga, jika dibandingkan dengan tahun lalu, nilai hasil penjualan hanya memperoleh sebesar Rp. 10 Jutaan saja, sedangkan tahun ini dapat diperoleh sebesar Rp. 16 Jutaan”, pungkas Wahjudi.

Kegiatan Pemusnahan Arsip disaksikan oleh Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Parjiya dan Plh. Kasubbag TU dan Keuangan Selaku Kepala Unit Kearsipan, Manif Istopo. Pemusnahan 1.862 bundel dilakukan dengan pencacahan menjadi bagian kecil – kecil yang kemudian dijual kepada pihak ketiga, adapun hasil penjualan arsip akan disetorkan ke Kas Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *