Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, Bea Cukai Jateng DIY Adakan Simulasi Evakuasi

SEMARANG (26/04) – Pemahaman tentang prosedur keselamatan di lingkungan kerja ketika terjadi bencana, menjadi hal yang sangat penting untuk seluruh pejabat maupun pegawai. Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana, secara serentak seluruh instansi di bawah Kementerian Keuangan melaksanakan kegiatan yang bertajuk “Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi” pada Jumat, 26 April 2019. Tak terkecuali Kanwil Bea Cukai Jateng DIY juga melaksanakan kegiatan tersebut yang bertempat di Aula Lantai 6 (enam) Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Mengundang Ilham Charistyo dari Badan SAR Nasional Kantor SAR Semarang sebagai narasumber, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai pada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Dalam Kesempatannya, Ilham menyampaikan bahwa ketika terjadi bencana alam yang pertama harus dilakukan adalah tidak boleh panik. “Jangan panik, terutama ERT(Evaquation Rescue Team)-nya”, tegas Ilham. Ilham juga menyampaikan materi-materi terkait cara melakukan evakuasi terhadap korban-korban bencana alam yang kemudian langsung dipraktikkan oleh para peserta.

Acara ditutup dengan simulasi tanggap darurat dengan membunyikan alarm keselamatan gedung Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, kemudian seluruh peserta melakukan evakuasi dan keluar (gedung –red) menuju titik kumpul dengan menggunakan tangga darurat. Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini, seluruh pejabat dan pegawai pada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dapat siap siaga dalam menghadapi bencana gempa bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *