Dukung Ekspor, Bea Cukai Tingkatkan Kompetensi Pemeriksaan CPO, Kayu, dan Migas

Semarang (03/05) – Peningkatan kompetensi menjadi salah satu kunci dalam peningkatan kinerja seorang pegawai yang juga mendukung kinerja organisasi. Pada Senin s.d. Kamis, 29 April s.d. 2 Mei 2019, Bea Cukai Jateng DIY berkesempatan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Lokakarya Pemeriksaan CPO, Kayu dan Migas yang dilaksanakan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal (Setditjen) bertempat di Aula Lantai 6 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Lokakarya yang diikuti sebanyak 20 Pemeriksa Bea dan Cukai se-Jateng DIY dibuka oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY yang diwakili oleh Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Juli Tri Kisworini. Dalam sambutannya Juli menyampaikan terima kasih kepada Setditjen atas pelaksanaan lokakarya ini, Juli juga menyampaikan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti lokakarya ini dengan sebaik-baiknya, “gunakan kesempatan ini untuk menambah ilmu sebanyak-banyaknya, karena ujung tombak Bea Cukai di bidang ekspor ada ditangan kalian”, pungkas Juli.

Acara dilanjutkan dengan ceramah mengenai isu yang saat ini berkembang yang disampaikan oleh Mira Puspita Dewi, Kepala Subdirektorat Teknis Kepabeanan Kantor Pusat Bea Cukai. Dalam ceramahnya Mira menyampaikan bahwa neraca perdangangan Indonesia pada Tahun 2018 mengalami defisit sebesar US$ 8,57 miliar. Ini yang menjadi tujuan pelaksanaan lokakarya ini untuk mendorong ekspor di Indonesia.

Pemerintah telah menyusun strategi untuk meningkatkan ekspor di antaranya simplifikasi sistem prosedur kebijakan ekspor, menentukan sector/komoditas unggulan yang berorientasi ekspor, dan efisiensi logistik. ”Simplifikasi prosedur kebijakan ekspor diantaranya dengan pengurangan  Laporan Surveyor (LS) dan lartas yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya”, jelas Mira.

Pada hari terakhir peserta diajak untuk melakukan praktik sounding fuel tank (pengukuran dan perhitungan volume minyak pada tangki darat) yang berlokasi di PT Berkah Emas Sumber Terang.

Ditutup dengan penyerahan cendera mata dan dilanjutkan foto bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah kompetensi Pemeriksa Bea dan Cukai di bidang ekspor, sehingga dapat memberikan kinerja yang makin baik dan mendukung peningkatan ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *