Dukung Logistik Lokomotif, Bea Cukai Jateng DIY Terbitkan Fasilitas Gudang Berikat PT Imeco Inter Sarana

Semarang (6/5/2019) – Sesuai dengan instruksi Presiden terkait kemudahan berusaha dan dalam rangka melaksanakan fungsi Bea dan Cukai yaitu Industrial Assistance dan Trade Facilitator, Bea Cukai Jateng DIY menerbitkan ijin Gudang Berikat untuk PT Imeco Inter Sarana (IIS) pada Jumat, 3 Mei 2019 yang bertempat di ruang rapat Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Perijinan ini merupakan perijinan Gudang Berikat (GB) pertama yang diterbitkan di tahun 2019 di wilayah Jateng dan DIY. Perijinan diberikan tidak sampai satu jam setelah perusahaan mempresentasikan proses bisnis perusahan.

Dalam keterangannya, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Juli Tri Kisworini yang dalam hal ini mewakili Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, mengatakan bahwa dengan fasilitas ini PT IIS akan mendapatkan penangguhan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor. Dia meminta agar dengan fasilitas yang diterima, perusahaan juga mendayagunakan IT Inventory sesuai ketentuan. ”Kami berharap agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan perusahaan dapat mendayagunakan IT Inventory sebagai pencatatan barang masuk dan keluar secara online,” tegas Juli.

Wakil Direktur Utama PT IIS, Andrijas Kainama, dalam presentasinya menyampaikan bahwa PT. IIS merupakan perusahaan penyedia suku cadang lokomotif untuk PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa dan Sumatera. ”Maksud dan tujuan permohonan ijin Gudang Berikat adalah utamanya untuk mendukung ketersediaan suku cadang lokomotif dan peningkatan pemeliharaan lokomotif untuk PT Kereta Api Indonesia,” ungkap Andrijas.

Fasilitas Gudang Berikat ini merupakan wujud nyata peran negara melalui Bea dan Cukai dalam mendukung industry khususnya terkait dengan logistik kereta api. Dengan tersedianya logistik secara lebih cepat dan mudah, maka akan menjamin kelancaran layanan operasional kereta api. Dengan lancarnya layanan operasional PT Kereta Api Indonesia, maka transportasi orang maupun barang akan berjalan baik, sehingga tercipta kegiatan ekonomi yang baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *