Integritas, PR Terkini Menyongsong Bea Cukai Tinggal Landas

Semarang, 07/05 – Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Parjiya memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat dan pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng DIY serta Kepala KPPBC dan Kepala Seksi pada unit Kepatuhan Internal se-Jateng DIY pada Selasa, 07 Mei 2019 di Aula Bea Cukai Jateng DIY. Kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Integritas untuk Menyongsong Bea Cukai Tinggal Landas” ini selain untuk memperkuat sinergi juga untuk menguatkan komitmen dan tekad penguatan integritas seluruh pejabat dan pegawai.

Dalam pengarahannya, Parjiya menyampaikan hasil rapat koordinasi nasional mengenai integritas yang telah dilaksanakan di Kantor Pusat DJBC seminggu sebelumnya. Selain prestasi atau kinerja positif terkait integritas juga disampaikan mengenai masih sangat pentingnya penguatan integritas dilakukan. “Aspek reformasi selama ini telah berjalan baik yang meliputi penegakan hukum dan sistem prosedur, namun bagaimana dengan integritas SDMnya?, masih menjadi PR besar kita”, paparnya.

Bea cukai berdasarkan Survey Penilaian Integritas yang dilakukan KPK pada tahun 2017 menduduki posisi ke-3 terbaik. Index Persepsi Integritas (IPI) 2018 juga bagus pada  angka 87.89 dari skala 100. Capaian ini naik 5.19 poin dari tahun 2017. Bahkan IPI 2018 Bea Cukai lebih tinggi dari IPI Kemenkeu secara keseluruhan yaitu pada angka 87.65. “Namun demikian kita masih punya PR yang harus ditingkatkan yaitu terkait integritas dan pengelolaan SDM”, sambungnya. Kedua hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama terutama kepala kantor dibantu dengan unit kepegawaian dan kepatuhan internal serta peran atasan langsung. Parjiya juga berpesan agar semuanya ikut menjaga dan meningkatkan integritas. “Jangan sampai kejadian-kejadian tidak terpuji di masa lalu terjadi lagi”, tegasnya. Dengan pengarahan ini diharapkan agar para pegawai lebih berkomitmen untuk menguatkan integritas, tidak hanya bagi dirinya namun juga organisasi. Dengan integritas yang tinggi maka Bea Cukai akan siap tinggal landas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *