Bea Cukai Jateng DIY Peringati Nuzuzul Qur’an: Tadabbur Alqur’an Sarana Tingkatkan Iman dan Integritas

SEMARANG (22/05) – Tak hanya menjadi bulan yang penuh berkah, bulan Ramadhan juga turut diisi dengan beragam peristiwa besar umat Islam salah satunya yakni Nuzulul Qur’an, peristiwa diturunkannya kitab suci umat Islam yaitu A-Qur’an untuk pertama kali di muka bumi. Memperingati peristiwa tersebut, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY mengadakan kegiatan pembinaan mental pada Rabu, 22 Mei 2019 dengan menghadirkan Ust. Nofel Windo dari ESQ Leadership Center sebagai pembicara.

Acara yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai muslim ini dibuka oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Parjiya. Parjiya menyampaikan peringatan Nuzulul Qur’an ini mengingatkan kita bahwa turunnya kitab suci umat Islam adalah sebagai pegangan/pedoman hidup, petunjuk dan pengingat umat manusia sebagai pemelihara alam. “Al-Qur’an itu diturunkan sebagai pedoman hidup, karena didalamnya terdapat petunjuk dan pengingat, sehingga diharapkan manusia ini sebagai pemelihara alam, bukan perusak alam” Jelasnya. Parjiya juga menyampaikan bahwa keasliannya (red: Al-Qur’an) akan tetap terjaga sampai akhir zaman.

Selanjutnya giliran Ust. Nofel menyampaikan materi perihal turunnya ayat-ayat suci Al-Quran dan mengajak untuk supaya ayat-ayat suci tersebut bisa masuk kedalam hati. Salah satu ayat yang dibahas adalah Qur’an Surat Ibrahim ayat 7 yang merupakan janji Allah kepada hambanya yang selalu bersyukur. Ust. Nofel menyampaikan ada 3 (tiga) tahapan dalam bersyukur yaitu bersyukur atas segala yang kita miliki, bersyukur dalam segala situasi kondisi dan bersyukur atas kebahagiaan orang lain. Selain itu, Ust. Nofel juga mengajak agar kita sebagai umat manusia harus berperilaku jujur karena Allah swt selalu mengetahui atas segala sesuatu yang dikerjakan umatnya sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran surat An-Naml ayat 88, “sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan, untuk itu bersikaplah jujur, karena berbohong sekecil apapun Allah akan mengetahui”, pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan bintal ini diharapkan kepada pegawai dilingkungan kanwil Bea Cukai Jateng DIY dapat menambah keimanan dan me-refresh pemikirannya sehingga hal tersebut juga diharapkan akan berdampak kepada meningkatnya kinerja secara maksimal dan tentunya berintegritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *