Bea Cukai Jateng DIY Edukasi Persiapan Pensiun Sejak Dini

Semarang, (20/06) – Bea Cukai Jateng DIY menyelenggarakan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (PPKP) dengan tema ”Persiapan Pensiun” pada hari Kamis tanggal 20 Juni 2019. Manif Istopo, Kepala Subbagian Kepegawaian sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi di hadapan pejabat dan pegawai Bea Cukai Jateng DIY bertempat di aula Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Pensiun merupakan hal yang pasti dijalani oleh setiap Pegawai Negeri Sipil di instansi pemerintah. Namun demikian tidak sedikit PNS yang tidak siap dalam menghadapi masa pensiun. Pola pikir yang banyak berkembang ketika pensiun di antaranya post power syndrome, kesulitan keuangan, sakit-sakitan, menyusahkan orang, dan tidak ada pekerjaan. Untuk itu perlu dilakukan perubahan pola pikir bahwa masa pensiun itu penuh semangat, banyak uang, sehat bugar, membantu orang, dan aktivitas positif.

”Jangan pernah pensiun! Alihkan profesi! Kerjakan apa saja biarpun berbeda, tetapi jangan pernah pensiun,” ujar Manif mengutip kalimat  Winston Churchill. Beberapa pekerjaan yang dapat dipilih sebagai alternatif setelah pensiun seperti bekerja lagi, menjadi freelance, investor, dan pebisnis.

Namun alih profesi tidak semudah membalikkan tangan. Perlu usaha yang gigih dan adaptasi untuk dapat menjalani profesi pengganti tersebut. ”Alangkah baiknya profesi pengganti sudah dipersiapkan beberapa tahun sebelum masa pensiun,” tambah Parjiya, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dalam penutupan PPKP sekaligus pembuka acara perpisahan dengan pejabat eselon III dan pejabat fungsional yang mutasi. Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat bertugas di tempat yang baru bagi pejabat yang mutasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *