Bea Cukai Jateng DIY Sosialisasikan Fasilitas KITE IKM Untuk Dorong Ekspor di Demak

Demak (04/07) – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Demak berkumpul dalam acara Kegiatan Pelatihan Dasar Ekspor Impor bagi UMKM yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Demak pada Rabu, 03 Juli 2019 bertempat di Hotel Amantis Demak.

Suhartanto, Pemeriksa Bea Cukai Muda pada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut. Suhartanto menjelaskan tentang peran Bea Cukai dalam memfasilitasi perdagangan internasional dan memberikan asistensi kepada industri di dalam negeri termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM). Bentuk dukungan Bea Cukai terhadap pelaku UMKM/IKM adalah dengan memberikan fasilitas berupa Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM. Hal ini sebagaimana disampaikan Hartanto dalam pemaparan materinya, “Fasilitas KITE IKM ini merupakan fasilitas kemudahan berupa pembebasan atau pengembalian terhadap Bea Masuk dan tidak dipungut Pajak Dalam Rangka Impor, sehingga para pelaku IKM dapat memperoleh bahan baku asal impor dengan mudah untuk selanjutnya diproduksi dan hasilnya bisa diekspor. Diharapkan dengan fasilitas ini harga yang dipasarkan juga akan lebih kompetitif”, jelasnya.

Dalam kesempatannya pula Suhartanto menjelaskan tentang tata laksana ekspor sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan alur dan siklus  prosedur ekspor dan impor bagi UMKM/IKM. Bea Cukai berharap kedepan UMKM/IKM dapat memanfaatkan fasilitas KITE IKM dengan baik sehingga akan meningkatkan daya saing di pasar global dan dapat menyumbang devisa negara dengan meningkatkan ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *