MyCEISA, Sistem Baru Bea Cukai Hadapi Industry 4.0

Semarang, (25/07) – Menghadapi era disrupsi atau lebih dikenal dengan era industry 4.0, Bea Cukai telah melakukan pengembangan layanan berbasis IT dengan dibangunnya sistem CEISA 4.0. Pengembangan sistem layanan tersebut juga ditindaklanjuti dengan sosialisasi kepada pegawai Bea Cukai pada unit vertical. Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai (Dit IKC) bekerja sama dengan Bea Cukai Jateng DIY menyelenggarakan ”Workshop, Evaluasi CEISA dan Implementasi Digital Workspace (MyCEISA)” mulai tanggal 23 sampai dengan 24 Juli 2019. Acara tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan CEISA 4.0. kepada pegawai Bea Cukai pada KPPBC di lingkungan Bea Cukai Jateng DIY.

Kepala Subdirektorat Strategi dan Perencanaan Sistem Dit IKC, Ari Setyo Widodo sebagai narasumber menyampaikan bahwa Bea Cukai harus dapat beradaptasi dengan era disrupsi dimana inovasi akan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara baru ”Jangan sampai kita tergilas dengan era disrupsi ini. Salah satu caranya yaitu dengan tidak pernah berhenti berinovasi,” tutur Ari.

Sistem yang mulai dirancang pada tahun 2018 tersebut memiliki perluasan fitur dari generasi ketiga berupa secure login, image recognition, modern payment, smart data analysis, digital workspace, dan pengawasan. Seluruh fitur tersebut mendukung fleksibilitas penggunaan CEISA oleh pegawai Bea Cukai, salah satunya dengan adanya fitur secure login. Pada fitur secure login, Bea Cukai merancang sebuah aplikasi MyCEISA yang dapat di-install pada ponsel pintar. Setiap pegawai Bea Cukai dapat mengakses CEISA dengan menggunakan ponsel pintar masing-masing dimanapun berada dan kapanpun.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Parjiya menyampaikan dalam penutupan bahwa aplikasi MyCEISA yang merupakan pengembangan CEISA 4.0 tersebut akan mendukung layanan Bea Cukai. ”Dengan aplikasi tersebut pegawai Bea Cukai dapat memberikan layanan 24/7 walaupun sedang tidak berada di kantor,” ungkap Parjiya. Diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi pegawai untuk mengoptimalkan penggunaan CEISA 4.0 dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *