Monev Bintal Tingkatkan Kualitas Pembinaan Integritas Pegawai Bea Cukai

Semarang, (29/07) – Untuk terus meningkatkan efektivitas pelaksanaan pembinaan mental (bintal), Tim bintal Bea Cukai Jateng DIY dan tim bintal KPPBC melakukan monitoring dan evaluasi (monev) bintal pada tanggal 25 dan 26 Juli 2019. Bertempat di ruang rapat Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, tim bintal masing-masing satuan kerja (satker) menyampaikan laporan pelaksanaan bintal dan kendala dalam pelaksanaannya berserta dengan solusi dan rencana kegiatan bintal.

Bintal merupakan salah satu program reformasi birokrasi Kepabeanan dan Cukai untuk meningkatkan integritas pegawai. Bea Cukai telah melakukan kegiatan tersebut sejak tahu 2107. Dalam pelaksanaannya, bintal perlu dilakukan monev. Hal tersebut juga disampaikan dalam sambutan Kepala Bea Cukai Tanjung Emas, Tjertja Karja Adil, ”Monev bintal ini harus dimanfaatkan untuk mengetahui apa saja yang telah dilakukan dan kendalanya serta apa saja yang harus diperbaiki untuk kegiatan selanjutnya.”

Dalam pelaksanaan bintal, tim bintal mengalami kendala seperti bintal sebagai sarana peningkatan integritas pegawai masih diukur secara kuantitatif, belum dapat diukur secara kualitas. Namun demikian, kegiatan bintal yang ditingkatkan secara kuantitatif dapat membentuk perilaku pegawai yang pada akhirnya dapat membentuk mental pegawai yang berintegritas. Selain meningkatkan kuantitas pelaksanaan kegiatan, tim bintal juga perlu menentukan kembali arah dan tujuan pelaksanaan bintal. “Ketika arah pembentukan mental pegawai yang berintegritas melalui bintal telah ditentukan, maka akan lebih mudah memilih metode pembinaan yang harus dilaksanakan,” tutur Kepala Seksi KPT Administrasi, Teguh Iman Subagyo.

Dari kegiatan monev tersebut, tim bintal Bea Cukai Se-Jateng DIY akan meningkatkan kegiatan bintal diantaranya dengan pelaksanaan microteaching yang anggota ditentukan dengan sistem  kluster berdasarkan jenis kelamin, umur dan beberapa kriteria lainnya dan kegiatan kerohanian bagi umat kristiani yang dilakukan oleh seluruh umat kristiani Bea Cukai Se-Jateng DIY , serta kegiatan-kegiatan kerohanian lain yang meningkatkan mental pegawai. Diharapkan dengan berakhirnya monev tersebut, tim bintal masing-masing satker dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas bintal dan menjalan rencana kegiatan yang sudah disusun dalam monev tersebut sehingga membentuk mental pegawai Bea Cukai yang makin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *