Sinergi Program Bintal Bea Cukai Jateng DIY, Tanjung Emas dan Semarang: “Integritas Itu Fitrah Manusia”

SEMARANG (14/08) – Sejalan dengan program pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang sedang dijalankan oleh Bea Cukai Jateng DIY, pada Rabu, 14 Agustus 2019 diadakan kegiatan pembinaan mental bersama yang dihadiri perwakilan pegawai dari Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, KPPBC Tanjung Emas dan KPPBC Semarang dengan tema “Internalisasi Integritas Menuju WBK-WBBM”, bertempat di aula Bea Cukai Jateng DIY.

Hakim Satria, Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai menyampaikan bahwa beberapa waktu ini terdapat peristiwa-peristiwa yang bisa dipelajari yakni peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang diperingati dengan perayaan Hari Raya Idul Adha bagi umat Islam, kemudian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dimana para pahlawan jaman dahulu memperjuangkan dengan menjunjung tinggi integritas. “Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari peristiwa-peristiwa tersebut dan menerapkannya dalam melaksanakan tugas sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan Sikap Dasar DJBC yang kita miliki”, tuturnya.

Integritas merupakan fitrah dari manusia, hal tersebut disampaikan Yus Ibnu Yasin, Founder CNC Consulting yang menjadi narasumber pada acara tersebut. Yus menyampaikan bahwa suatu organisasi/kelompok harus memiliki nilai-nilai yang dijadikan komitmen untuk terus dipegang teguh agar visi suatu organisasi/kelompok tesebut dapat tercapai. Yus juga menyampaikan terkait peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, bahwa terdapat 3 (tiga) hal yang dapat dipelajari dari peristiwa tersebut yaitu komitmen kepada Tuhan (Spiritual Commitment), mental yang tidak pernah goyah (Unshakable Mentality) dan prinsip tertinggi bahwa segala sesuatu yang dilakukan semata-mata hanya untuk meraih ridho Tuhan (High Principle).

Diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini seluruh pegawai dapat menginternalisasikan integritas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sehingga dapat sejalan dengan program pembangunan Zona Integritas yang dijalankan Bea Cukai Jateng DIY dalam rangka memperoleh sertifikasi sebagai WBK dan WBBM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *