Perkuat Sinergi, BC Jateng DIY Gelar Latihan Menembak Bersama

Semarang, (23/08) – Bea Cukai Jateng DIY gelar latihan menembak bersama di Lapangan Tembak Brimob Pasadena, Kota Semarang pada hari Kamis 22 Agustus 2019. Selain untuk memperkuat sinergi dan meningkatkan keterampilan pegawai dalam menggunakan senjata api, latihan ini juga diadakan karena merupakan kewajiban bagi pegawai yang dalam pelaksanaan tugasnya dilengkapi senjata api dinas, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 113/PMK.04/2017 tentang Penggunaan Senjata Api Dinas di lingkungan DJBC.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Jateng DIY, Parjiya menjelaskan tentang bahayanya tugas yang diemban Bea Cukai sehingga diberi kewenangan untuk membawa senjata api. “Petugas Bea Cukai dalam melaksanakan kewenangannya dapat dilengkapi senjata api. Hal ini sudah diatur dalam UU Kepabeanan dan UU Cukai. Pertimbangannya tentu saja berkaitan erat dengan pelaksanaan tugas di bidang kepabeanan dan cukai yang berisiko tinggi hingga mengancam jiwa petugas. Contohnya dalam menghadapi penyelundup yang berbahaya seperti narkotika dan psikotropika”, jelasnya. Parjiya juga menambahkan bahwa selain untuk meningkatkan keterampilan pegawai dalam menggunakan senjata api, latihan bersama ini juga untuk memperkuat sinergi. Tidak hanya sinergi secara internal namun juga sinergi dengan Aparat Penegak Hukum seperti POLRI ini.

Sementara Gatot Sugeng Wibowo, Kabid Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Jateng DIY menceritakan kegiatan latihan menembak ini. “Latihan menembak kali ini diikuti sekitar 50 peserta terdiri dari Kakanwil, para Pejabat Eselon III, perwakilan Pejabat Eselon IV, dan perwakilan pegawai khususnya yang bertugas di unit pengawasan di Kanwil Jateng DIY. Latihan ini rutin kami laksanakan bersama Aparat Penegak Hukum. Tuntutan pekerjaan mengharuskan kami professional, termasuk juga dalam penggunaan senjata api dinas ini, sehingga latihan secara berkesinambungan merupakan keharusan”, pungkasnya.

Semangat para peserta terlihat mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Di akhir pelatihan diadakan perlombaan dalam beberapa kategori dengan menggunakan senjata genggam dan bahu. Adalah Dhicka pegawai pada unit pengawasan yang kali ini berhasil mendapat Juara Umum. Namun menariknya adalah Parjiya, Kakanwil Bea Cukai jateng DIY berhasil merebut Juara I kelas Pejabat kategori senjata bahu. Tidak hanya itu, Parjiya juga berhasil meraih Juara II untuk semua kelas di kategori senjata bahu, mengalahkan pegawai lain yang jauh lebih muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *