Secondment DJP-DJBC Upaya Optimalkan Penerimaan Hingga Rp 2T

Semarang, (27/08) – Bea Cukai Jateng DIY menjadi tuan rumah bagi Tim Secondment perwakilan Kanwil DJP Jateng I yang dipimpin oleh Muhammad Hanif Arkanie, Kepala Bidang Pemeriksaan, Penagihan, Intelijen, dan Penyidikan Kanwil DJP Jateng I yang berlangsung mulai tanggal 26 Agustus s.d. 06 September 2019. Hanif selaku ketua didukung oleh 9 anggota lainnya yang merupakan pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil DJP Jateng I yang menangani Wajib Pajak (WP) importir dan ekspotir. Kegiatan yang merupakan bagian dari Joint Program DJP-DJBC tersebut menjadi upaya optimalisasi penerimaan hingga Rp 2T untuk Kanwil DJBC Jateng DIY, Kanwil DJP Jateng I, Kanwil DJP Jateng II, dan Kanwil DJP DIY pada tahun 2019.

Secondment DJP-DJBC merupakan kegiatan pertukaran data antara DJP dan DJBC. ”Dalam kegiatan secondment ini, Tim Pajak dan Tim Bea Cukai dapat bertukar data, informasi dan ilmu terkait dengan proses bisnis pada instansi masing-masing. Dengan demikian masing-masing instansi dapat mempergunakan informasi tersebut demi tercapainya target penerimaan,” jelas Juli Tri Kisworini, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai yang bertindak sebagai Plh. Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dalam sambutan pembukaan secondment DJP-DJBC (26/08).

Pertukaran data dalam kegiatan tersebut difokuskan pada Daftar Sasaran Analisis Bersama (DSAB) yang telah disusun pada awal tahun 2019. Dengan secondment batch ke-2 di tahun 2019 ini diharapkan nantinya Tim Pajak dapat menjadi trainer bagi rekan-rekan di kantor masing-masing agar dapat menggali potensi penerimaan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *