Peringati hari Oeang RI Ke-73, Kemenkeu Jateng Siap Jadi Penjaga Keuangan Negara

Semarang (13/09) – Menyambut Hari Oeang Republik Indonesia ke-73, Perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Jawa Tengah gelar Opening Ceremony sebagai acara pembukaan Pekan Olahraga Hari Oeang RI ke-73 yang akan diselenggarakan mulai 13 September 2019 – 25 Oktober 2019 dengan mengusung tema “Melompat Maju, Terima Tantangan”. Bertempat di Gedung Keuangan Negara II Kota Semarang, kegiatan Opening Ceremony dihadiri oleh perwakilan dari seluruh unit eselon II Kementerian Keuangan di Kota Semarang.

Kepala Perwakilan Kemenkeu Jawa Tengah yang juga Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Parjiya memberikan sambutan terkait peran seluruh pegawai Kemenkeu sebagi Penjaga Keuangan Negara. “Pada awal kemerdekaan RI, Keuangan Negara disimbolkan dengan pencetakan dan penerbitan ORI (Oeang Republik Indonesia), sebagai pernyataan kemerdekaan dan kedaulatan negara. Saat ini, keuangan negara berkembang luas meliputi seluruh aspek penerimaan Negara baik pajak, kepabeanan dan cukai, serta PNBP, termasuk pengelolaan belanja negara, tata kelola kas negara. Kita sebagai ASN di Kemenkeu memiliki tugas sebagai Penjaga Keuangan Negara, Kita harus mampu menjaga Keuangan Negara, dan menjadikan Keuangan Negara sebagai sumber kemakmuran rakyat yang adil dan merata, serta kita harus mampu untuk terus meningkatkan penerimaan negara, seperti memperluas basis penerimaan perpajakan, dan pengelolaan keuangan secara efektif dan efisien” papar Parjiya.

Parjiya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh unit Kemenkeu di Provinsi Jawa Tengah atas kinerja yang telah ditorehkan, dan berpesan agar terus menanamkan nilai – nilai Kemenkeu dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Peringatan hari Oeang RI ini secara rutin dilaksanakan tiap tahun. Selain sebagai sarana mengingat sejarahnya Oeang RI dan keuangan Negara, peringatan hari keuangan juga ditujukan untuk memnguatkan sinergi antar unit di Kementerian Keuangan sehingga peran menjadi Penjaga Keuangan Negara dapat dilaksanakan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *