Tingkatkan Sinergi dan Optimalisasi Penerimaan, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Rapat Koordinasi

SEMARANG (13/09) – Guna meningkatkan sinergi dan peran kehumasan dalam optimalisasi penerimaan, Bea Cukai Jateng DIY menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang bertajuk “Rapat Koordinasi Kehumasan dan Optimalisasi Penerimaan Cukai Melalui Sosialisasi yang Efektif” pada hari kamis, 12 september 2019 bertempat di aula Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Acara ini diikuti oleh perwakilan Kanwil DJBC Jateng DIY dan perwakilan dari seluruh KPPBC di wilayah Jateng DIY.

Parjiya, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menyampaikan bahwa humas berperan penting dalam mengenalkan institusi Bea Cukai kepada masyarakat umum. Harapannya masyarakat akan tahu apa itu Bea Cukai, lalu paham, kemudian tertarik dengan Bea Cukai, sehingga nantinya masyarakat dapat berperan aktif dalam rangka mendukung tugas dan fungsi Bea Cukai. Parjiya juga menambahkan bahwa humas juga memiliki peran yang cukup strategis dalam rangka mengoptimalkan penerimaan cukai. “Disamping pelayanan dan pengawasan yang efektif, lebih dari itu humas memiliki peranan untuk mengedukasi masyarakat yang selama ini memiliki usaha yang ilegal di bidang cukai menjadi sadar bahwa yang dilakukan itu salah dan bisa berdampak hukum,” tuturnya saat membuka kegiatan tersebut. Sebagai pengantar, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Juli Tri Kisworini menyampaikan tugas umum dari humas Bea Cukai yaitu menjadi jembatan komunikasi Bea Cukai dengan publik, membangun reputasi dan citra baik Bea Cukai, mengarahkan opini publik, mempererat hubungan relasi dengan publik, dan menjamin publik mengetahui bahwa Bea Cukai bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.

Rakor ini mengundang narasumber dari Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah yang menyampaikan materi tentang Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dan strategi optimalisasi DBHCHT melalui sosialisasi ketentuan cukai dan nara sumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah yang menyampaikan materi tentang strategi komunikasi publik instansi pemerintah yang efektif termasuk hubungan media dan mekanisme pemanfaatan sarana dan prasarana sebagai media sosialisasi dalam rangka optimalisasi penerimaan cukai, pajak rokok, DBHCHT dan pajak lainnya.

Materi Rakor juga berisikan tentang update informasi kehumasan nasional, review kinerja kehumasan wilayah Jateng DIY, Strategi Komunikasi Publik, dan komunikasi krisis. Materi-materi tersebut dipaparkan oleh Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Humas Kanwil DJBC Jateng DIY, Nanang. Selain itu, seluruh perwakilan kantor juga memaparkan kinerja kehumasannya.

Dengan Rakor ini diharapkan tercipta sinergi yang makin kuat antar unit kehumasan di wilayah Jateng DIY, sehingga seluruh unit mempunyai tujuan yang sama dan dapat berkinerja dengan semakin baik. Optimalisasi peran dan fungsi kehumasan juga diharapkan dapat mengoptimalkan penerimaan Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *