Lain-lain

Mengejar Cinta Allah Dengan 4 Karakter Ini !

Semarang, (25/09) – Kembali hadirkan Ustadz Usep Badruzzaman, Bea Cukai Jateng DIY selenggarakan “Ngabar“ atau Ngaji Bareng dengan tema ”Pembangunan Karakter yang Dicintai Oleh Allah” pada Rabu, 25 September 2019 bertempat di Musholla Baitut Taqwa Kanwil BC Jateng DIY. Ustadz Usep menyampaikan kepada seluruh pegawai muslim Bea Cukai Jateng DIY bahwa terdapat 4 karakter manusia yang dicintai oleh Allah yaitu diam, tawakal, tawadhu’ dan zuhud.

Ustadz Usep menjabarkan satu per satu karakter tersebut. “Karakter yang pertama adalah diam. Dalam hadits riwayat Al Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah bahwa  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda ”Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam”, jelasnya. Lebih lanjut Ustadz Usep menjelaskan bahwa diam dapat dimaknai dengan tidak protes terhadap apa yang telah ditetapkan oleh Allah subhanahu wata’ala. Diam di sini bukan hanya diam lisannya namun diam pada tindakan dan hati. Menerima atau ikhlas segala ketetapan dari Allah.

Karakter yang kedua yaitu tawakal. Tawakal merupakan sikap seseorang yang menyerahkan segala urusan kepada Yang Maha Kuasa. Sikap tawakal tidak serta merta membuat manusia pasrah dengan keadaan. Tawakal merupakan tindakan terakhir ketika seseorang ingin mencapai sesuatu setelah melakukan usaha yang optimal.

Ustadz Usep kemudian menjelaskan karakter yang ketiga. “Tawadhu’ merupakan sifat manusia yang tidak merasa besar dihadapan makhluk Allah. Dalam pekerjaan, tawadhu’ dapat diwujudkan dalam sikap menghargai orang lain”, jelasnya. Selanjutnya karakter yang keempat adalah zuhud. Ustadz Usep menyampaikan bahwa zuhud bukan berarti meninggalkan dunia. ”Zuhud merupakan sikap seseorang yang memanfaatkan dunia untuk menuju ke akhirat,” pungkasnya.

Apabila 4 karakter yang dicintai oleh Allah tersebut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, insya Allah aktivitas yang dilakukan akan diridhoi oleh Allah.

Comment here