Lain-lain

Efektifkan Kehumasan, Bea Cukai Jateng DIY Luncurkan “Simpulita”

Semarang (30/09) – Sebagai langkah optimalkan dan efektifkan kegiatan kehumasan, Bea Cukai Jateng DIY pada Jumat 27 September 2019 meluncurkan aplikasi bernama Simpulita yang merupakan akronim dari Sistem Pengumpul Informasi dan Berita. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Seksi BK Humas, Anang dalam sesi Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (PPKP) tentang Kehumasan yang diikuti tidak hanya para pejabat dan pegawai namun juga mitra kerja seperti petugas cleaning service. “Simpulita sebenarnya merupakan aplikasi sederhana sebagai sarana mengumpulkan data / informasi dan berita dari semua unit terkait di lingkungan Kanwil DJBC Jateng dan DIY”, ungkapnya.

Anang menambahkan lebih detil terkait aplikasi ini. “Selain sebagai sarana unit humas dalam mengumpulkan semua informasi dan berita yang pada akhirnya akan digunakan dalam mengoptimalkan kuantitas dan kualitas informasi atau berita, Simpulita juga disiapkan untuk memfasilitasi unit lain dalam menjalankan kewajibannya sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor SE-16/BC/2018 tentang Pedoman Pemberian Informasi Kepabeanan dan Cukai Melalui Media”, jelasnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa berdasarkan       SE-16/BC/2018 tersebut setiap unit wajib memberikan data secara periodik yang meliputi data target dan realisasi penerimaan, data penindakan, peraturan baru, inovasi, penghargaan dan data data relevan lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Agen Kehumasan yang merupakan perwakilan dari tiap unit diharapkan dapat berperan optimal sekaligus dapat memanfaatkan Simpulita ini dalam menjalankan tugas-tugasnya. “Agen kehumasan akan diberikan otorisasi menggunakan menu-menu yang ada. Setiap agen dapat dengan mudah memposting data, informasi, foto, berita, dll dalam aplikasi ini”, pungkas Anang. Seiring perjalanan waktu, Simpulita ini akan mengalami perbaikan menyesuaikan dengan kondisi atau perkembangan yang ada.

Dengan Simpulita ini diharapkan dapat memudahkan unit lain dalam memberikan informasi dan data di unitnya yang pada akhirnya dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produk publikasi unit Humas Bea Cukai Jateng DIY.

Comment here