Lain-lainPelayanan

Pesan SMI di Hari Bea Cukai ke-73: Jadilah Bea Cukai Yang Cakap, Sehat, dan Berintegritas

SEMARANG (02/10) – Hari Bea Cukai ke-73 di Kota Semarang diperingati dengan pelaksanaan Apel Luar Biasa yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Kantor Bea Cukai Tanjung Emas dan Kantor Bea Cukai Semarang pada Selasa, 02 Oktober 2019 di Lapangan Kantor Bea Cukai Tanjung Emas.

Diperingati setiap tanggal 1 Oktober, Hari Bea Cukai ke-73 ini mengusung tema “Menuju Insan yang Cakap, Sehat, dan Berintegritas untuk Bea Cukai yang Makin Baik”. Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Parjiya menyampaikan bahwa Fungsi Bea Cukai yang pada awal pembentukannya menitikberatkan pada fungsi pemungutan penerimaan negara dari sektor perpajakan, saat ini telah bertransformasi mengikuti perubahan zaman menjadi institusi yang memiliki fungsi yang lebih luas yaitu turut membangun dunia industri dan perdagangan agar semakin menggeliat sehingga iklim investasi semakin semarak, mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat melalui optimalisasi penerimaan negara, serta menciptakan keamanan dan kenyamanan seluruh warga negara dengan melindunginya dari ancaman serta dampak negatif Trans-National Organized Crime (TNOC) yang semakin berkembang.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa Bea Cukai, merupakan bagian penting bagi negeri ini untuk mendorong kebijakan strategis nasional di bidang perekonomian serta keamanan perbatasan. semangat dan sikap kreatif dan inovatif menjadi pendorong Bea Cukai untuk terus berkontribusi terhadap isu-isu kebijakan strategis nasional lainnya, seperti: Kebijakan kemudahan perizinan berusaha; Pengamanan Sumber Daya Alam; Pengelolaan Perdagangan Digital Lintas Negara (e-commerce); dan Pengembangan National Logistic Ecosystem.

Apresiasi dan rasa bangga yang tinggi disampaikan Sri Mulyani kepada seluruh pegawai bea cukai di semua lini perjuangannya, karena telah turut serta aktif menjadi motor penggerak pembangunan bangsa dan negara. Sri Mulyani berpesan agar terus optimis dan menjadi insan Bea Cukai yang cakap, sehat, dan berintegritas demi bea cukai yang makin baik.

Comment here