Fasilitas

Ditanya keuntungan Fasilitas Kawasan Berikat, Begini pengakuan Perusahaan

Semarang (14/11) – Financial Controler PT. Phillips Seafood Indonesia (PT.PSI), Moh. Jendi Suryo mengaku bahwa perusahaan telah merasakan banyak sekali manfaat dari mendapatkan perizinan fasilitas Kawasan Berikat. “Kita mendapatkan pembebasan atau penangguhan pembayaran perpajakan, itu sangat membantu industri, seandainya tidak mendapatkan fasilitas itu mungkin kami tidak mampu juga membayar Bea Masuk dan biaya lainnya dan produk kami jadi tidak menguntungkan”, Jelas Jendi saat ditemui di Kantor Bea Cukai Jateng DIY sesaat setelah perusahaan mendapatkan perizinan perlakuan tertentu berupa kemudahan subkontrak pada Rabu, 13 November 2019.

Jendi Suryo juga mengaku bahwa dengan fasilitas Kawasan Berikat, perusahaan juga mendapatkan tambahan bahan baku sehingga dapat terus berproduksi dan hal ini juga berpengaruh juga terhadap penyerapan tenaga kerja. “Selama ini kami bergantung kepada bahan baku lokal dan itu musiman tidak selalu ada, ketika sedang tidak musim biasanya tenaga kerja kami hentikan karena tidak ada produksi namun setelah mendapat fasilitas ini kami terjaga supply bahan bakunya sehingga kita bisa terus berproduksi dan hal ini berdampak juga dengan meningkatnya jumlah karyawan yang bekerja”, pungkasnya. 

PT.PSI merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang bergerak di bidang pengolahan makanan hasil laut, beralamat di Dukuh Pejarakan, Desa Danasari, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Perusahaan ini telah berstatus sebagai perusahaan Kawasan Berikat pada 20 Desember 2018 dan barang hasil olahannya 100% diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Australia, Uni Emirat Arab dan Korea.

Dengan adanya manfaat-manfaat dari fasilitas KB yang didapatkan perusahaan diharapkan kedepannya perusahaan dapat semakin berkembang dan ekpornya meningkat. Meningkatnya ekspor akan berpengaruh langsung pada peningkatan produksi dan hal ini tentunya akan berdampak pula pada penyerapan tenaga kerja, sehingga tidak hanya investasi saja yang meningkat tetapi juga perekonomian khususnya di daerah Pemalang juga meningkat. Disinilah kehadiran Pemerintah benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh industry dan masyarakat.

Comment here