Pengawasan

Perkuat Pengawasan Internal, Bea Cukai Jateng DIY Adakan Workshop UKI

SEMARANG (21/11) – Guna peningkatan pemahaman pegawai pada Unit Kepatuhan Internal (UKI) tehadap prosedur dan praktik teknis dibidang Pengawasan Kepatuhan Pelaksanaan Tugas (PKPT) dan Investigasi Internal, maka pada Kamis, 21 November 2019 bertempat di ruang rapat Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY diadakan kegiatan workshop oleh Direktorat Kepatuhan Internal dengan peserta seluruh UKI dilingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Kepala Bagian Umum R. Basuki Aribawa menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan akan terjadi diskusi dan penyamaan persepsi guna pelaksanaan tugas sehari-hari dengan baik. “sehingga dalam pelaksanaan tugas, seluruh pegawai dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, terlebih dapat membantu pimpinan dalam memitigasi risiko-risiko pelaksanaan tugas sehari-hari”, ujarnya. Kepala Subdirektorat Pengawasan Kepatuhan dan Investigasi Internal Rulijanto menyampaikan bahwa PKPT adalah internal audit, ”setelah pegawai selesai melaksanakan tugasnya, jejaknya seperti dokumen dan lain-lain harus dilakukan pengeekan terkait kesesuaian pelaksanaan tugasnya dengan peraturan yang berlaku”, tuturnya.

UKI memiliki tugas memastikan kesesuaian pelaksanaan tugas unit kerja terhadap peraturan, kebijakan, rencana, tujuan, sasaran dan ketentuan lain seta memastukan kesesuaian ucapan, tulisan, sikap, perilaku dan perbuatan pegawai terhadap kode etik, kode perilaku, disiplin pegawai dan ketentuan lain. Beberapa instrumen guna memastikan kesesuaian tersebut diantaranya melalui PKPT, Investigasi Internal dan tindak lanjut pengaduan dari masyarakat.

Dengan adanya workshop ini diharapkan para pejabat dan pegawai UKI mendapatkan pemahaman kembali terkait dengan instrumen pengawasan terhadap kesesuaian pelaksanaan tugas yaitu dengan PKPT dan Investigasi Internal, sehingga diharapkan kinerja pegawai dapat lebih maksimal yang akan berdampak baik secara langsung maupun tidak kepada capaian organisasi yaitu Bea Cukai yang makin baik.

Comment here