Lain-lain

Ada Apa dengan Nadine?

SEMARANG (26/11) – Office DJBC yang beberapa saat lalu telah dimandatorykan penggunaanya di Kanwil Bea Cukai Jateng DIY adalah aplikasi persuratan untuk tingkat Eselon I di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Sekarang kita kenalan yuk dengan Nadine, siapakah dia? Nadine atau Naskah Dinas Elektronik merupakan aplikasi pengelolaan tata naskah dinas secara elektronik yang digunakan  oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pada Senin, 25 November 2019 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi tentang Nadine oleh KPTIK BMN Semarang di ruang rapat Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY bersamaan dengan sosialisasi penilaian K3 oleh Bidang Kepatuhan Internal.

Baca : Bea Cukai Jateng DIY Sosialisasikan Tata Cara Penilaian Kualitas Kontrak Kinerja

Pada sosialisasi kali ini dikenalkan Nadine 2.0 yang merupakan pengembangan dari aplikasi persuratan kemenkeu versi sebelumnya. “Nadine versi 2.0 ini diharapkan lebih efektif dan efisien, dimana aplikasi ini akan memudahkan dalam pelaporan, menggunakan tanda tangan elektronik, dan kedepan akan bisa diakses dengan berbagai media elktronik dimanapun dan kapanpun, dan terintegrasi dengan sistem lain yang telah dikembangkan oleh kemenkeu, lebih efisien juga karen paperless dan tidak perlu menggunakan kurir”, jelas Ridwan Mukti Kencana, Kepala Seksi Pengelolaan TIK. Ridwan juga menyampaikan berbagai tantangan yang dihadapi dalam rangka implementasi Nadine 2.0 ini diantaranya perubahan budaya kerja organisasi yang tentunya perlu penyesuaian, kemapanan dan stabilitas aplikasi dan jaringan, dan juga kebutuhan fitur yang berbeda di tiap satuan kerja.

Nadine dapat diakses melalui tautan office.kemenkeu.go.id. Aplikasi Nadine untuk administrasi naskah dinas meliputi pembuatan konsep naskah dinas oleh konseptor/staf, kemudian pemeriksaan naskah dinas oleh Pejabat Eselon 4/Kepala Sub Bagian/Bidang, penandatangan secara elektronik oleh Eselon 3/Kepala Bagian/Bidang, dan juga meliputi administrasi penatausahaan surat masuk dan disposisi. Saat ini Bea Cukai menggunakan Office DJBC sebagai aplikasi tata naskah dinas elektronik, kedepan akan dilakukan penyesuaian, sehingga Nadine dapat diimplementasikan di seluruh unit Eselon 1 Kemenkeu. Dengan adanya Nadine 2.0 ini diharapkan kinerja organisasi akan berjalan lebih efektif dan efisien sehingga menimbulkan dampak positif untuk kinerja dan citra organisasi untuk Kemenkeu yang terpercaya.

Comment here