Pengawasan

BNNP Musnahkan 2,07 Kg Sabu Tangkapan Bea Cukai Tanjung Emas

SEMARANG (27/11) – Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah (BNNP Jateng) melaksanakan kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika ke-8 kalinya dalam tahun 2019. Hari Rabu, 27 November 2019, bertempat di Kantor BNNP Jawa Tengah, Jalan Madukoro Blok BB-Semarang, dilakukan pemusnahan ±2,3 Kg Sabu dari dua kasus yang berbeda.

Kasus pertama adalah percobaan penyelundupan sabu seberat 2,070 dari Malaysia hasil temuan petugas Bea Cukai Tanjung Emas. Pada Minggu, 3 November 2019 di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, petugas Bea Cukai Tanjung Emas melakukan penindakan yang diawali analisa dan profiling, dimana petugas mencurigai seorang penmpang berinisial VE. Atas pemeriksaan mendalam pada badan dan barang bawaan, pada akhirnya petugas mendpati kristal metamphetamine (sabu) yang disembunyikan di dalam oven/ microwave bawaannya. Atas temuan tersebut, petugas Bea Cukai Tanjung Emas menyerahkan kepada tim BNNP Jateng untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Barang Bukti (Foto: Hafiz / Kontributor BC Jateng DIY)

Kasus kedua adalah penangkapan kurir yang membawa narkotika dari wilayah Jakarta. Petugas Pemberantasan Narkotika BNNP Jateng menggeledah dan menemukan sabu seberat 317 gram yang dibawa oleh kurir berinsial SGT di Perumahan Rahayu Mutiara Indah Kendal. Selanjutnya petugas BNNP Jateng berkoordinasi dengan Kepala Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas IA Keduangpane, Ngaliyan, Semarang untuk melakukan penggledahan di kamar sel Fepri Suwelo Aji yang berperan sebagai pengendali kurir.

Kedua tersangka dijerat dengan Primer Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 111 ayat (2) lebih subsider Pasal 132 ayat (1) jo Pasal 114 ayat (2) lebih subsider Pasal 132 ayat (1) jo Pasal 111 ayat (2) UU No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman minimal 5 tahun penjara maksimal pidana mati.

Proses Pemusnahan (Foto: Hafiz / Kontributor BC Jateng DIY)

Secara khusus, Bea Cukai menghadiri acara pemusnahan ini yang diwakili oleh M.H. Adrianadi Santoso, Kepala Seksi Narkotika dan Barang Larangan Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta dan Adi Cahyanto, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC Tanjung Emas.

Pewarta : Hafiz – adisby
Editor     : @BCjdiy

Comment here