Pengawasan

Suami Kabur Saat Digrebeg Petugas Bea Cukai, Istri Takut Bicara Rokok Ilegal

Semarang (2/12) – Tim gabungan Bea Cukai Kanwil Jateng DIY, KPPBC Semarang yang juga didukung Pemprov Jateng serta dibackup Ditreskrimsus Polda Jateng melakukan penggrebegan terhadap sebuah toko dan rumah seorang yang diduga menjadi distributor rokok ilegal di dusun Dimoro, kecamatan Toroh, kabupaten Grobogan pada hari Selasa, 26 November 2019. Penindakan tersebut dilakukan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat setempat saat melakukan kegiatan operasi pasar rokok ilegal di daerah Kecamatan Toroh.

Toni, salah satu petugas bea cukai menjelaskan tentang kronologi kejadian tersebut. “ awalnya kami sedang melakukan operasi pasar di sekitar kota grobogan dan mendapatkan informasi bahwa terdapat tempat penimbunan ataupun distributor rokok ilegal yang berada di daerah dimoro grobogan. Lalu kita tindaklanjuti informasi tersebut dan akhirnya petugas menemukan satu toko yang didalamnya kedapatan rokok yang diduga ilegal”, Jelasnya.

Dari penindakan tersebut petugas berhasil mengamankan 35.336 batang rokok berbagai merk seperti “Gudang Abidin”, “Dalill”, “G”, “Beruang Rebron”, dan “Super Pro” yang sebagian besar tanpa dilekati pita cukai dengan potensi kerugian negara mencapai Rp16,68 Juta dan sebuah mobil minibus avanza dalam keadaan terkunci yang didalamnya terdapat rokok yang diduga sebagai rokok ilegal. Pemilik barang bernama Siswandi berhasil kabur lewat pintu belakang rumahnya dan meninggalkan anak dan istrinya dirumah. Sang Istri, Jumiyati enggan memberikan keterangan karena mengaku tidak mengetahui terkait rokok ilegal tersebut. “Saya tidak tau apa-apa pak, yang tau barang itu adalah suami saya, saya takut malah salah bicara”, ujarnya.

Sementara itu Kasdi Ketua RT setempat memberikan keterangan terkait kegiatan yang dilakukan warganya tersebut. “Kalau saya pribadi saya tidak tahu kalau Pak Siswandi ternyata berjualan rokok illegal. Setahu saya Pak Siwandi punya toko itu ya jualan rokoknya ya yang resmi”, ujarnya. Kasdi juga menambahkan bahwa dalam pertemuan warga selanjutnya dia akan memberikan informasi rokok illegal ini. Petugas selanjutnya mengamankan barang bukti berupa rokok ke kantor Bea Cukai dan menyegel mobil minibus avanza milik pelaku untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Pewarta : Aji (kontributor – humas BC Jateng DIY)
Editor : @BCjdiy

Comment here