Lain-lain

Bea Cukai Lakukan Sosialisasi Rokok Ilegal Door to Door ke Para Pedagang Pasar

Semarang (09/12) – Terus berupaya dalam menekan peredaran rokok ilegal dan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekitar khususnya para pedagang terkait rokok ilegal, kali ini Bea Cukai Jateng DIY kembali melakukan Sosialisasi Rokok Ilegal secara langsung (Door to Door) ke ruko-ruko yang berada di pasar Karang Ayu, pasar Simongan, pasar Wonodri dan pasar Gayamsari pada hari Jumat dan Senin, 6 dan 9 Desember 2019.

Petugas Bea Cukai menempel stiker gempur rokok ilegal – (foto Khafid Humas BC Jateng DIY)

Tim sosialisasi Bea Cukai Jateng DIY secara bergiliran mengenalkan kepada para pedagang tentang rokok ilegal mulai dari jenis-jenisnya sampai dengan modus-modus sales yang menawarkannya. “Rokok ilegal yang paling sering ditemukan di masyarakat yaitu rokok polos atau yang tidak ada pita cukainya. Biasanya para sales menawarkannya dengan istilah rokok murah atau rokok dengan harga miring”, Jelas Aji, salah satu anggota tim.

Petugas Bea Cukai memberikan sosialisasi rokok ilegal – (foto Farid Humas BC Jateng DIY)

Respon dari para pedagang pun beragam dengan adanya sosialisasi ini. Mereka umumnya senang dan menyambut positif. Ada yang belum mengetahui terkait rokok ilegal ada juga yang sudah mengetahui dan mengaku pernah ditawari namun tidak mau. Salah satu pedagang bernama Taufik, pemilik toko amanah di pasar karangayu mengaku pernah ditawari rokok ilegal oleh seorang sales. “Saya pernah ditawari juga pak, waktu itu salesnya bilang rokok murah tapi saya ndak mau, untungnya ga seberapa tapi resikonya besar”, ungkapnya. Sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat khususnya para pedagang mengetahui tentang rokok ilegal dan diharapkan dapat bekerjasama bahkan bersinergi dengan pemerintah untuk memeranginya, sehingga kedepannya jumlah peredaran rokok ilegal semakin berkurang karena tidak ada tempat lagi bagi para pengusaha rokok ilegal untuk memperdagangkan barangnya.

Pewarta : Aji
Editor : @BCjdiy

Comment here