PenerimaanPengawasan

Genjot Penerimaan 2020, Dirjen Bea Cukai Perintahkan Tingkatkan Sinergi Dengan Pajak

SEMARANG (08/01) – Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi meminta kepada jajarannya untuk meningkatkan sinergi dengan Direktorat Jenderal Pajak. Hal tersebut bertujuan untuk mengamankan hak-hak keuangan Negara sekaligus meningkatkan tingkat kepatuhan pengguna jasa atau Wajaib Pajak baik terhadap ketentuan Kepabeanan dan Cukai maupun Perpajakan. Demikian disampaikan Heru dalam video conference pada Selasa, 07 Januari 2019 di Kantor Pusat DJBC Jakarta.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Haeru menyinggung mengenai pentingnya aspek pengawasan dimana pengawasan meliputi pengawasan fisik maupun administrative. Heru minta agar system Antareja harus sudah jalan meskipun dalam pelaksanaannya masih perlu penyempurnaan. “Antareja harus sudah dijalankan, dan diperhatikan mana-mana yang akan disinergikan dengan Direktorat Jenderal Pajak” ujarnya. Kedepan sinergi akan terus dilakukan dengan Direktorat Jenderal Pajak khususnya dalam rangka menilai tingkat kepatuhan dari pengguna jasa baik kepatuhan terhadap ketentuan Kepabeanan dan Cukai, maupun terhadap ketentuan perpajakan yang merupakan kewajibannya sebagai wajib pajak (WP).

Selain itu Heru juga memberikan beberapa arahan kepada jajarannya antara lain terkait integritas . Pada intinya Heru menegaskan bahwa integritas itu harga mati dan seharusnya permasalahan dengan itu sudah selesai. “Tim Kepatuhan Internal saat ini sedang memastikan bahwa seluruh kantor bebas dari tindakan suap dan lain-lain”, pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil DJBC Jateng dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto yang mengikuti video conference bersama jajaran di kantornya menanggapi bahwa saat ini sinergi dan komunikasi bersama dengan Kanwil Pajak Jateng I terus dilakukan terutama terkait joint program. “Kami akan terus lakukan joint, akan kami tindak lanjuti sesuai arahan Pak Dirjen bahwa ini akan dijadikan sebagai alat atau tools yang akan kita sinergikan dengan Kantor Pajak”, jelasnya. Mengakhiri video conferencenya Heru juga menyampaikan bahwa diskusi dengan menggunakan media video conference ini akan dilakukan secara rutin bergiliran untuk setiap kanwil dan satker dibawahnya. Harapannya, komunikasi dan koordinasi akan terjalin lebih efektif dan efisien.

Comment here