Fasilitas

Bea Cukai Resmikan TPS e-Commerce Pertama di Indonesia Milik Anak Negeri

Semarang (15/01) – Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Tengah dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto hari ini meresmikan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) PT JKS Logistik Indonesia yang beralamat di Jalan Kalibaru Timur No.3, Bandarharjo, Semarang. TPS ini merupakan TPS Lini 2 dan berjarak kurang lebih 3 KM dari area Pelabuhan Tanjung Emas. Perusahaan ini disebutkan sebagai usaha mandiri anak negeri dan merupakan TPS berorientasi e-Commerce pertama di Indonesia.

Lely Trimaharani (Pimpinan PT JKS Logistik Indonesia)

Lely Trimaharani, pimpinan PT JKS Logistik Indonesia mengungkapkan latar belakang perusahaanya. “TPS ini didirikan oleh sekelompok anak muda Indonesia untuk menjawab arahan Presiden Indonesia Joko Widodo tentang kelancaran proses ekspor impor serta penggalakan e-commerce. Selain itu kami juga ingin berpartisipasi dalam percepatan pendapatan Negara baik dari sisi impor maupun ekspor”, ungkapnya. Lely melanjutkan bahwa misi pendirian TPS ini adalah mampu mendukung ekspor dan impor. “Ini juga untuk pembuktian bahwa anak-anak asli bangsa ini mampu berkontribusi langsung pada perdagangan Internasional”, sambung Lely seraya mengharapkan dukungan pemerintah.

Padmoyo Tri Wikanto, Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, meresmikan TPS

Menanggapi hal tersebut, Tri menyampaikan kesiapan Bea Cukai memberikan dukungan. “Bea Cukai Jateng DIY siap bekerja sama dan mengakomodir jika perusahaan mengalami permasalahan terkait prosedur penimbunan barang ekspor-impor. Katanya tadi ini TPS pertama yang dedicated untuk barang-barang kiriman e-commerce yah?, namanya perdana kan biasanya banyak kendala karena belum terbiasa. Tidak apa-apa, kami siap membantu,” ujarnya. Tidak hanya itu, Tri juga mengajak para pemimpin asosiasi pengusaha, importir, eksportir, dan lainnya yang hadir pada acara tersebut untuk turut serta memakai jasa perusahaan buatan anak negeri ini. “Ayo promosikan, lariskan. Jangan sampai perusahaan yang membanggakan seperti ini tidak eksis. Pemerintah siap, asosiasi juga harus sama-sama siap membantu”, pungkasnya.

Anton Martin, Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas

Sementara itu Anton Martin, Kepala KPPBC Tanjung Emas yang merupakan kantor yang mengawasi TPS tersebut memberikan apresiasinya atas pengoperasian TPS yang berorientasi e-commerce pertama di Indonesia. Anton juga mengatakan pihaknya siap memberikan dukungan kepada perusahaan.

Pewarta: @adisby

Comment here