Lain-lainPelayanan

Asistensi dan Bedah Lembar Kerja Evaluasi dalam Rangka Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM

Semarang (20/02) – Dalam rangka mewujudkan system penyelenggaraan pemerintah yang baik dengan prinsip good governance melalui program pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) bagi seluruh satuan kerja Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, hari ini Kamis, 20 Februari 2020 diadakan Asistensi dan Bedah Lembar Kerja Evaluasi di Aula Lantai 6 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Jalan Ahmad Yani, Semarang.  Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 45 perwakilan pejabat / pegawai yang berasal dari Kanwil dan 9 Kantor Pelayanan dan Pengawasan ini menghadirkan narasumber dari Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Para Peserta Asistensi dari KPPBC Purwokerto

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono kembali mengingatkan seluruh jajaran agar peduli dengan pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM di lingkungan kerja BC Jateng DIY. “Bagi satker yang telah mendapatkan predikat WBK dan sedang mengajukan WBBM kami berharap bisa banyak share kepada yang sedang mengajukan WBK. Ini adalah inisiatif kita bersama, bukan sekedar melaksanakan perintah pimpinan. Salah satu wujud komitmen kita dalam menciptakan lingkungan birokrasi yang telah dan selalu reform ke arah yang lebih baik adalah predikat WBK dan WBBM.” jelasnya.

Narasumber dari Biro Organta Kemenkeu, Bintang Sitorus, mengamini harapan Yacobus. “Misi untuk berpredikat WBK/ WBBM jangan sampai berhenti di high level. Seluruh pegawai dan unsur lain yang terlibat harus memandang pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM bukan sekedar menjalankan arahan tetapi harus menunjukkan bahwa memang semangat integritas ini telah mendarah daging”, jelas Bintang yang selanjutnya menyampaikan informasi bahwa saat ini 10% satuan kerja di lingkungan Kementerian Keuangan telah berpredikat WBK/WBBM.

Bintang Sitorus (kiri) dan Dimas Thezaer T. Jubido

Dalam kegiatan ini selanjutnya dibahas dengan detil langkah-langkah yang perlu dipersiapkan dan diantisipasi agar berhasil lolos memperoleh predikat WBK/WBBM. Lembar Kerja Evaluasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam pengajuan predikat WBK/WBBM tahun sebelumnya dibedah secara detil. Bintang bersama narasumber dari Inspektorat Jenderal Kemenkeu, Dimas Thezar T. Jubido menyajikan langkah-langkah taktis yang perlu segera dilaksanakan oleh satuan kerja yang mengajukan predikat WBK/ WBBM tahun ini.

Foto bersama peserta Asistensi

Dari 10 satker di lingkungan Bea Cukai Jateng DIY, 4 diantaranya telah memperoleh predikat WBK. Tahun ini, 6 satker mengajukan predikat WBK dan 2 satker mengajukan predikat WBBM. Diharapkan pada 2021 seluruh satker telah memperoleh predikat WBK. 

pewarta: @adisby

Comment here