FasilitasLain-lainPenerimaan

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY Minta Jajarannya Membuat Inisiatif Strategis Yang Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Semarang (18/02) – Kepala Kantor Wilayah DJBC Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto meminta kepada jajarannya agar bekerja tidak hanya terpaku pada Indikator Kinerja Utama, tapi juga mampu membuat inisiatif strategis yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya Jawa Tengah dan DIY. Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) pada hari Selasa – Rabu, 18-19 Februari 2020 di Auala KPPBC Tanjung Emas. Kegiatan yang  mengusung tema “Inisiatif Strategis untuk Pencapaian Target 2020” tersebut diikuti oleh seluruh Pejabat Eselon III di Kanwil Jateng DIY dan Kepala KPPBC se-Jateng DIY beserta jajarannya.

Tri Wikanto, Kakanwil BC Jateng DIY

Tri Wikanto dalam paparannya juga menyampaikan arahan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati untuk kinerja Bea Cukai Jateng DIY di tahun 2020. “Tantangan kita di tahun 2020 ini sangat luar biasa karena kemarin saat briefing dengan Bu Menteri kita juga diminta untuk ikut berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah sebesar 7%”, jelasnya. 

Target pertumbuhan tersebut menjadi terkendala manakala perekonomian dunia saat ini terpengaruh oleh adanya virus corona. Sebagai upaya untuk mendorong perekonomian seperti yang sudah ditargetkan, Tri memberikan tantangan baru kepada jajarannya. “ Raker ini kita buat agak sedikit berbeda, silahkan kemukakan gagasan yang berbeda. Jangan terpaku pada IKU yang diturunkan dari atas saja, harus ada ide kreatif dan strategis untuk memajukan perekonomian Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta pada khususnya. Nanti kita tambahkan ke dalam program kerja masing-masing kantor”, jelasnya.

Para Peserta Rakerwil 2020 berfoto bersama (foto: PLI BC Kudus)

Pelaksanaan rakerwil didahului dengan pemapaan Inisiatif Strategis (IS) masing-masing KPPBC di lingkungan Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY. IS tersebut kemudian dibahas dan didiskusikan bersama untuk memperoleh kesimpulan dan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing KPPBC. Selanjutnya di hari kedua acara dilanjutkan dengan penyampaian pembagian target-target penerimaan masing-masing KPPBC oleh Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai, Nur Rusydi, dilanjut dengan Sosialisasi WBK oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono dan diakhiri dengan kegiatan rapat DKO.

Kabid Kepabeanan dan Cukai, Nur Rusydi, memimpin sesi pembagian target penerimaan 2020

Dengan adanya rakerwil ini diharapkan Bea Cukai di Jateng DIY dapat menghasilkan program-program dan inisiatif strategis yang inovatif dan bermanfaat dalam menaikkan perekonomian khususnya di Jateng DIY sehingga kedepannya tidak hanya target penerimaan saja yang tercapai namun juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Jateng DIY. 

Suasana Rakerwil BC Jateng DIY 2020

Pewarta:@aji

Comment here